SOLOPOS.COM - Warga berfoto dengan latar Masjd Sheikh Zayed, Solo seusai mengikuti SalatTarawih, Rabu (22/3/2023) malam. (Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, SOLO — Sebagian besar masyarakat mungkin berpikir jika pergi berwisata saat bulan puasa akan terasa lebih berat karena harus menahan lapar dan dahaga. Namun, berwisata saat Ramadan agaknya bukan hal yang mustahil, ya.

Anda dapat menjadikan wisata religi sebagai opsi perjalanan selama Ramadan ini. Selain dapat menyegarkan pikiran, berwisata religi juga dapat mengantarkan Anda dengan suasana baru saat beribadah.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Berbagai kegiatan seperti buka puasa bersama, Salat Tarawih berjemaah, hingga iktikaf dapat Anda lakukan di beberapa tempat yang akan direkomendasikan oleh Solopos.com di bawah ini.

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah
Masjid Agung Jawa Tengah (semarangkota.go.id)

Destinasi pertama yang dapat Anda kunjungi untuk berwisata religi adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT).  Melansir dari laman jatengprov.go.id, Selasa (4/4/2023), masjid yang terletak di Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Semarang, Jawa Tengah ini digadang-gadang sebagai masjid terbesar yang ada di Jawa Tengah.

Masjid dengan desain arsitektur campuran antara budaya Jawa, Yunani, dan Islam ini mempunyai bangunan utama dengan atap berbentuk piramida dengan empat Menara di setiap sudutnya.

Selain keempat Menara tersebut, Masjid Agung Jawa Tengah juga mempunyai menara setinggi 99 meter yang disebut sebagai Menara Asmaul Husna. Di dalamnya, Anda bisa melihat sekaligus menambah pengetahuan tentang bagaimana sejarah perkembangan Islam di tanah Jawa.

Lebih dari itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan kota Semarang di sore hari sambil menunggu waktu untuk berbuka.

2. Masjid Raya Sheikh Zayed

Masjid Raya Sheikh Zayed
Masjid Raya Sheikh Zayed yang menjadi hadiah bagi Presiden RI, Joko Widodo dari Pangeran Arab (kemenag.go.id)

Tak ketinggalan ikon baru Kota Solo, Masjid Raya Sheikh Zayed. Masjid yang merupakan hadiah dari Pangeran UAE, Mohammed Bin Zayed untuk Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini baru saja diresmikan pada bulan November tahun 2022 lalu.

Tak ada yang bisa menolak cantik dan megahnya masjid yang merupakan miniatur atau replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di Abu Dhabi, UAE ini. Bahkan, jauh sebelum dibuka untuk umum, masjid ini telah ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah.

Kini, Masjid Raya Sheikh Zayed sudah dapat digunakan untuk beribadah. Menariknya, selama bulan ramadan pengelola masjid menyediakan takjil gratis untuk berbuka.

Sebagaimana diberitakan oleh Solopos.com pada Kamis (23/3/2023), tak tanggung-tanggung, 6.000 porsi takjil disiapkan setiap harinya untuk dibagikan kepada masyarakat umum.

Anda bisa menikmati syahdunya berbuka puasa di halaman Masjid Raya Sheikh Zayed dihiasi indahnya warna-warni pencahayaan masjid yang estetik. Setelah berbuka, Anda dapat lanjut mengikuti kegiatan Salat Tarawih berjamaah di masjid yang identik dengan warna putih dan emas itu.

3. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus
Masjid Menara Kudus yang mempunyai arsitektur unik (jatengprov.go.id)

Tak jauh dari Semarang, Kudus juga mempunyai masjid yang bisa menjadi opsi wisat religimu. Masjid Kudus, atau yang dikenal Masjid Menara Kudus menjadi bukti sejarah jejak penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh Wali Sanga di Pulau Jawa.

Masih dilansir dari laman jatengprov.go.id, disebut Masjid Menara Kudus dikarenakan di sisi luarnya terdapat sebuah Menara dengan ketinggian 17 meter. Biasanya, dalam mengawali Ramadan, masyarakat Kudus mempunyai tradisi tabuh Beduk Blandrangan yang akan dilakukan di atas menara tersebut.

Anda tentu akan dibuat takjub oleh bentuk masjid yang dibangun oleh Ja’far Shadiq atau yang lebih dikenal sebagai Sunan Kudus ini. Jika dilihat, dari menara hingga bagian dalam masjid mempunyai perpaduan arsitektur budaya Jawa, Hindu dan juga Islam sehingga tampak menyerupai candi.

Arsitekturnya yang cukup unik membuat banyak dari masyarakat yang menjadikan Masjid Menara Kudus menjadi salah satu destinasi favorit untuk menunggu waktu berbuka. Baik sekadar berswa foto ataupun duduk bersantai sembari mengaji di Kawasan masjid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya