SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Asma adalah suatu penyakit yang umum dialami. Penyakit ini dialami 3-38 persen anak-anak dan 2-12 persen orang dewasa. Meski terkesan sepele, akibat penyakit asma cukup fatal.

Hasil studi yang dilakukan India tentang asma dialami orang berusia di atas 15 tahun dengan persentase 2,05 persen dari populasi penduduk. Penderita asma harus mengonsumsi makanan khusus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil penelitian lain menunjukkan, makanan olahan yang tidak segar meningkatkan risiko penyakit asma selama beberapa tahun terakhir. Pasien asma harus mengonsumsi makanan seimbang, termasuk buah dan sayur.

Apa saja makanan yang wajib dikonsumsi penderita asma? Simak uraian yang dihimpun dari Boldsky, Kamis (20/6/2019) berikut:

Sayuran

Sayuran yang kaya vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh penderita asma. Selain itu, mengonsumsi sayuran hijau juga cukup penting. Sayuran hijau berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko asma.

Buah

Buah-buahan yang mengandung vitamin C, D, dan E berperan penting menjaga kebugaran tubuh. Buah apel dan jeruk sangat baik dikonsumsi penderita asma. Buah-buahan tersebut kaya antioksidan yang berperan penting memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sementara buah yang kaya vitamin D dan magnesium seperti pisang juga mampu mencegah penyakit asma.

Asam lemak

Asam lemak omega 3 merupakan makanan yang sangat cocok untuk menjaga sistem kekebalan tubuh penderita asma. Asam lemak sehat ini mampu melindungi tubuh dari bahaya polusi penyebab asma. Adapun makanan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah ikan tuna, salmon, serta kacang-kacangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya