3 Makanan Ini Bantu Cegah Sakit Asma

Asma adalah suatu penyakit yang umum dialami. Penyakit ini dialami 3-38 persen anak-anak dan 2-12 persen orang dewasa. Meski terkesan sepele, akibat penyakit asma cukup fatal. Tips kesehatan kali ini membahas tentang tiga makanan yang mampu mencegah penyakit asma.

3 Makanan Ini Bantu Cegah Sakit Asma

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penderita asma (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Asma adalah suatu penyakit yang umum dialami. Penyakit ini dialami 3-38 persen anak-anak dan 2-12 persen orang dewasa. Meski terkesan sepele, akibat penyakit asma cukup fatal.

Hasil studi yang dilakukan India tentang asma dialami orang berusia di atas 15 tahun dengan persentase 2,05 persen dari populasi penduduk. Penderita asma harus mengonsumsi makanan khusus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Hasil penelitian lain menunjukkan, makanan olahan yang tidak segar meningkatkan risiko penyakit asma selama beberapa tahun terakhir. Pasien asma harus mengonsumsi makanan seimbang, termasuk buah dan sayur.

Apa saja makanan yang wajib dikonsumsi penderita asma? Simak uraian yang dihimpun dari Boldsky, Kamis (20/6/2019) berikut:

Sayuran

Sayuran yang kaya vitamin A sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh penderita asma. Selain itu, mengonsumsi sayuran hijau juga cukup penting. Sayuran hijau berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko asma.

Buah

Buah-buahan yang mengandung vitamin C, D, dan E berperan penting menjaga kebugaran tubuh. Buah apel dan jeruk sangat baik dikonsumsi penderita asma. Buah-buahan tersebut kaya antioksidan yang berperan penting memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sementara buah yang kaya vitamin D dan magnesium seperti pisang juga mampu mencegah penyakit asma.

Asam lemak

Asam lemak omega 3 merupakan makanan yang sangat cocok untuk menjaga sistem kekebalan tubuh penderita asma. Asam lemak sehat ini mampu melindungi tubuh dari bahaya polusi penyebab asma. Adapun makanan yang mengandung asam lemak omega 3 adalah ikan tuna, salmon, serta kacang-kacangan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Operasi Yustisi di Boyolali, Warga Tak Pakai Masker Langsung Dites Antigen

Petugas juga memberikan imbauan terhadap warga masyarakat agar tidak berkerumun untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Grojogan Gulingan Grobogan, Pertapaan yang Berubah Jadi Objek Wisata

Konon Air  Terjun Gulingan  pernah dipakai sebagai tempat pertapaan oleh beberapa tokoh yang berasal dari luar wilayah Grobogan.

KRL Jogja-Solo Masih Tetap Beroperasi selama Larangan Mudik

PT KAI Commuter memastikan KRL Jogja-Solo dan KA Prameks relasi Jogja-Kutoarjo tetap beroperasi selama masa larangan mudik.

Lafal Asmaul Husna Percantik Pusat Kota Blora

Pemerintah Kabupaten Blora mempercantik seputar bundaran atau Alun-Alun dengan tiang lampu dan pernik religius lafal Asmaul Husna.

Kisah Arbain Nugroho, ASN Gunung Kidul Setia Jadi Personel Linmas di Solo

Arbain merupakan anggota Linmas Banyuanyar yang sehari-hari juga merupakan pengajar di SD Prebutan, Semin, Gunung Kidul, DIY.

Semen Gresik Gelar Kick-Off Meeting Sistem Manajemen Anti Suap

PT Semen Gresik (SG) menggelar kick-off meeting dalam rangka penerapan Standar Manajemen Mutu ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Profil Lengkap Raditya Oloan: Dulu Pemakai Narkoba Kini Jadi Pendeta

Inilah profil lengkap dari Raditya Oloan, influencer dan juga pendeta, yang baru saja meninggal dunia setelah negatif Covid-19.

Heboh Isu Bumi Datar dalam Soal Siswa SD, Begini Jawaban Dinas Pendidikan Cimahi

Disdik Cimahi menyebut pemasangan gambar ilustrasi bumi datar tidak dimaksudkan untuk menyebarkan pemahaman bumi datar. Namun sekadar kesalahan dalam pemilihan gambar ilustrasi oleh guru.

Gakin di Magelang Jadi Sasaran Operasi Pasar Murah

Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kabupaten Magelang, menggelar pasar murah menjelang Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pelajar yang Meninggal di Kudus Diduga Korban Pembunuhan

Polres Kudus menangani kasus meninggalnya Hanifah Khoiron Nisa, pelajar kelas XI Madrasah Aliyah asal Kecamatan Kaliwungu, yang diduga kuat karena korban pembunuhan.

Ikatan Cinta 7 Mei 2021: Ada Kabar Ricky Meninggal, Elsa Bahagia

Ini dia sinopsis singkat sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Jumat, 7 Mei 2021 yang menceritakan tentang Ricky yang dikabarkan meninggal.

800-an Calhaj Karanganyar Diusulkan Dapat Vaksin Covid-19 Dosis I

Kabupaten Karanganyar mendapat tambahan 790 vial atau setara 7.900 dosis vaksin Covid-19 pada Selasa (4/5/2021).