Tutup Iklan
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Subakri, saat menerima penghargaan dari Ketua KPI Jatim, Ketty Tri Setyorini, di Surabaya, Selasa (11/12/2018) malam. (Istimewa-Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Tiga lembaga di Kota Madiun berhasil meraih penghargaan PPID Award tingkat Jawa Timur 2018. Ketiga lembaga itu adalah Pejabat Pengelola Infomasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Madiun, KPUD Kota Madiun, dan Kelurahan Pangongangan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Subakri, mengatakan ada tiga lembaga di Kota Madiun yang meraih PPID Award yang diserahkan pada Selasa (11/12/2018) di Surabaya. Ketiga lembaga itu dianggap memberikan informasi kepada masyarakat secara terbuka.

PPID Kota Madiun berhasil meraih PPID Award kategori A kelompok kabupaten/kota terbaik tingkat Jawa Timur 2018, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Madiun meraih PPID Award kategori A kelompok KPU, dan Kelurahan Pangongangan meraih penghargaan PPID Award kategori B kelompok kelurahan.

Untuk PPID Kota Madiun, kata Subakri, kategori yang didapat naik dari tahun sebelumnya. "Tahun lalu PPID Kota Madiun mendapatkan predikat B sekarang dapat A. Ini berarti peran PPID Kota Madiun dalam menyuguhkan informasi sudah sangat terbuka," kata dia, Rabu (12/12/2018).

Subakri mengatakan PPID Kota Madiun juga menjadi nomine dalam kategori website terbaik. Website milik Pemkot Madiun dianggap telah memberikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan amanat UU No 14/2008.

Berbagai hal disajikan untuk mewujudkan keterbukaan informasi seperti ketersediaan informasi, dokumentasi, dan publikasinya tergarap secara baik.

"Penyebaran informasi ini dengan beragam media mulai dari media elektronik, media cetak, dan media sosial. Ada yang berbentuk website, tabloid, buku, radio, dan akun media sosial," jelasnya.

Subakri menuturkan Dinas Kominfo juga menyiapkan petugas khusus yang menjawab semua pertanyaan masuk selama 24 jam. Setiap ada keluhan yang dilaporkan juga langsung ditindaklanjuti kepada organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

"Kami mengemas informasi dalam sebuah aplikasi smartphone. Masyarakat tidak perlu repot-repot mengetik. Cukup melalui aplikasi," jelasnya.

Penghargaan PPID Award ini diberikan oleh Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Timur. Penilaian PPID Award dilakukan secara bertahap. Dimulai tahap penghimpunan data melalui kuisioner dan peninjauan website oleh tim penilai. 

Silakan http://madiun.solopos.com">KLIK dan https://www.facebook.com/madiunpos/">LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten