SOLOPOS.COM - Ilustrasi mahasiswa nongkrong di kafe. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sedang merencanakan liburan sekaligus ingin menjelajah tempat-tempat kuliner? Solo menjadi destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi.

Solo memiliki beragam kuliner mulai dari yang legendaris hingga kekinian. Tidak salah jika kota kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini disebut sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berwisata kuliner Solo tak harus ke tempat populer saja. Anda bisa mencoba menjelajahi tempat kuliner tersembunyi alias hidden gem di  Solo hlo. Kali ini, Solopos.com memberikan rekomendasi tiga spot kuliner hidden gem di Solo yang enak namun harganya ramah di kantong, terutama bagi anda yang berasal dari kalangan mahasiswa. 

Lokasinya berada di sekitar Universitas Sebelas Maret atau kampus UNS. Meski keberadaan kuliner hidden gem ini terpencil dalam gang, namun rasanya tak kalah enak dari kuliner-kuliner yang sudah populer di Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Berikut tiga rekomendasi kuliner hidden gem di sekitar kampus UNS yang enak dan murah meski di dalam gang berdasarkan penelusuran Solopos.com, Sabtu (28/1/2023): 

1. Lapak Chicken UNS

Ayam Saus BBQ dan Katsu di Lapak Chicken UNS. (Istimewa/Lapak Chicken)

Jika Anda ingin berburu kuliner ayam, Anda wajib mencoba ke kedai yang satu ini. Lapak Chicken UNS menjadi salah satu kedai andalan para mahasiswa UNS untuk mengisi perut saat siang hari. Lokasinya berada di dalam gang, di Jalan Antariksa II Nomor 8, Jebres, Solo

Lapak Chicken UNS menyajikan berbagai makanan olahan ayam kekinian yang enak dengan harga yang bersahabat. Menu-menu andalan di sini ada Chicken Katsu, Chicken Sambal Matah, Chicken Salted Egg, dan Chicken PokPok. 

Di setiap menunya, kita dapat memilih salah satu saus dari beberapa varian saus seperti saus Mushrooms, Cheese, BBQ, Blackpaper, dan Hot & Spicy. Khusus saus Hot & Spicy tersedia tingkatan pedasnya, mulai dari level 1 hingga level 5. Saus hot & spicy menjadi pilihan tepat bagi kaum pencinta pedas.

Tak perlu khawatir soal urusan harga, kita dapat menikmati menu makanan di sini dengan harga mulai dari Rp17.000 hingga Rp20.000. Jika Anda ingin menyantap menu paket, anda cukup merogoh kocek sekitar Rp25.000 hingga Rp30.000. Lapak Chicken UNS buka setiap hari kecuali Jumat, dari pukul 12.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. 

2. Warpas.pgr

Bakmie Ayam Warpas.pgr. (Istimewa/Warpas.pgr)

Warpas.pgr merupakan singkatan dari Warung Pasar Panggungrejo. Sesuai dengan namanya, kedai Warpas.pgr berlokasi di Pasar Panggungrejo, blok A, Jalan Surya Utama nomor 48, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Solo. 

Kedai ini menjual beberapa macam bakmie dan nasi. Ada Bakmie Ayam Charsiu, Bakmi Ayam Pangsit, Nasi Ayam Charsiu, Nasi Goreng Yangzhou, dan Pad Kra Pao. Menurut pemilik kedai ini, yang menjadi menu favorit para pelanggan adalah Bakmie Ayam Charsiu.

Nama menu-menu tersebut mungkin terdengar asing di telinga anda. Memang konsep nama menu diambil dari bahasa China dan Thailand. Namun, anda tak perlu ragu soal status halal karena semua menu telah dikonfirmasi halal oleh pihak Warpas.pgr.

Tak hanya rasanya yang enak, harga menu di kedai ini juga terbilang murah. Cukup membawa uang Rp18.000,  kita sudah mendapatkan menu paket Bakmie Ayam Pangsit plus es teh. Jika anda ingin mencoba menu paket favorit, yaitu Bakmie Ayam Charsiu plus es teh, anda perlu menyiapkan uang Rp23.000. Warpas.pgr buka mulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. 

3. Kedai Berdjaya

Kopi Kuwalek dan Roti. (Istimewa/Kopi Berdjaya)

Kedai Berdajaya tampaknya juga layak disebut kuliner hidden gems di Solo yang bisa kunjungi. Kedai ini cocok bagi yang ingin nongkrong sambil menikmati pemandangan sungai dan pepohonan hijau. Lokasinya berada di Jalan Mojo, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Solo. 

Mengusung konsep merakyat, kedai ini menyediakan berbagai menu yang merakyat juga seperti gorengan, Nasi Bandeng Merapi, Indomie Nyemek Berdjaya, Roti Bakar Cokelat Keju, dan Cireng Sambal Bangkok. 

Meski terletak di dalam gang, kedai Berdjaya memiliki keunikan pada salah satu menunya yaitu Kopi Kewalek. Istilah ‘kewalek’ dalam bahasa Indonesia berarti terbalik. Sehingga cara penyajian pada menu ini, gelas kopi diletakkan secara terbalik dan diberi alas piring kecil agar kopi tidak tumpah.

Selain itu, keunikan lain dari Kedai Berdjaya adalah menjual aneka macam jajanan jadul yang jarang ditemukan di jaman sekarang. Kalau soal harga, kuliner di kedai ini sudah pasti murah. Harga makanan di kedai ini mulai dari Rp2.000 sampai Rp15.000. Sedangkan kisaran harga minumannya dari Rp3.000 sampai Rp8.000 saja. Kedai Berdajaya buka pada Selasa sampai Minggu, mulai dari pukul 10.00 WIB hingga 16.00 WIB. 

Nah, itu dia 3 rekomendasi kuliner hidden gem di sekitar Kampus UNS yang enak dan harganya terjangkau meski lokasinya di dalam gang. Selamat mencoba!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya