SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Gaya komunikasi setiap orang mungkin berbeda-beda, tapi ada beberapa kesalahan komunikasi yang sering dilakukan wanita dalam karir.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Jika Anda ingin terlihat profesional, coba lihat dulu apakah Anda sering melakukan kesalahan berikut ini.

Bertanya, bukan memberikan pertanyaan

Apakah setiap kalimat yang Anda keluarkan dari mulut selalu berupa pertanyaan? Padahal, misalnya, seseorang sedang menanyakan pendapat Anda tentang sesuatu. Balas bertanya saat Anda sedang ditanya, malah menunjukkan sikap tidak pasti dan tidak percaya diri.

Hal ini tentunya akan mempengaruhi penilaian rekan kerja dan atasan ketika Anda berada dalam sebuah rapat. Karena itu, sebelum rapat cobalah untuk menulis apa saja yang ingin Anda bicarakan, apa rekomendasi yang akan diberikan, dan pendapat yang akan Anda lontarkan.

Meminta maaf, padahal bukan salah Anda

Kebiasaan buruk wanita lainnya adalah meminta maaf akan sesuatu, padahal Anda tidak melakukan kesalahan. Jangan selalu merasa bertanggung jawab atas semua hal, yang sebenarnya bukan pekerjaan Anda. Selain itu, hindari pula meminta maaf saat Anda ingin menegur atau mengkritik rekan kerja. Lebih baik gunakan kalimat yang sopan dan tidak menghina, tapi juga tidak perlu meminta maaf, karena maksud Anda adalah untuk memberi kritikan membangun.

Beri pro dan kontra, tanpa rekomendasi

Saat diberikan masalah, Anda akan menjelaskan apa saja pro dan kontra solusi yang ditawarkan, tapi tidak memberikan rekomendasi yang pasti. Ini menunjukkan kredibilitas Anda dan terlihat bahwa Anda tidak mampu mengambil keputusan, malah seperti ingin melemparkan masalah ke orang lain. Jika Anda terus-menerus meminta orang lain untuk mengambil keputusan, maka Anda akan terlihat sebagai orang yang mencari aman, tidak cerdas, dan hanya bisa mengikuti arus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya