3 Kawasan di Jatim Ini Jadi Prioritas PPKM Mikro 9-22 Februari 2021
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat mengunjungi Kampung Tangguh Semeru di Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Minggu (7/2/2021). (Istimewa/Pemprov Jatim)

Solopos.com, MADIUN -- Tiga kawasan di Jawa Timur akan melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tingkat mikro, yakni Madiun Raya, Surabaya Raya, dan Malang Raya.

PPKM Mikro ini akan berlangsung mulai tanggal 9 hingga 22 Februari 2021. Pelaksanaan PPKM tingkat mikro ini merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. Mengingat kasus peningkatan positif Covid-19 di tiga wilayah itu masih tinggi.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan PPKM Mikro di Jawa Timur ini telah memiliki modal sosial atau program yang telah dirintis sejak delapan bulan lalu. Program itu adalah Kampung Tangguh Semeru.

Baca juga: UMKM Terancam, Dokter Tirta Ingatkan PPKM Bisa Salah Sasaran

“Jadi kami berkomitmen melaksanakan PPKM Mikro melalui salah satu embrio yang dimiliki sejak delapan bulan lalu yaitu Kampung Tangguh,” kata Khofifah saat meninjau lokasi Kampung Tangguh Semeru di Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Minggu (7/2/2021).

Dia menuturkan Kampung Tangguh Semeru (KTS) ini merupakan inovasi yang diciptakan Polda Jatim bersama Pemprov Jatim, Kodam V Brawijaya, serta pemerintah kota/kabupaten di Jatim.

Program ini berbasis partisipasi masyarakat yang mampu bergotong royong dalam penanganan Covid-19.

Partisipasi Aktif Masyarakat

Gubernur Jatim menyebut inovasi ini sesuai dengan rekomendasi WHO bahwa penanganan Covid-19 harus dapat melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

“Kampung Tangguh yang sudah ada di Jatim ini tentunya adalah suatu bentuk kearifan lokal yang akan membantu masyarakat melaksanakan edukasi protokol kesehatan Covid-19,” jelas Khofifah yang dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Ibrahimovic Sumbang 2 Gol Saat AC Milan Gasak Crotone 4-0

Menurutnya kebersamaan dalam pelaksanaan Kampung Tangguh akan menciptakan empathy building dan social bonding untuk memutus rantai penularan virus corona.

Jumlah KTS di Jawa Timur per tanggal 7 Februari 2021 mencapai 3.160 KTS. Jumlah ini diklaim akan terus bertambah.

Berdasarkan Inmendagri No. 3 tahun 2021, Jawa Timur termasuk daerah yang mendapatkan instruksi untuk pelaksanaan PPKM Mikro dengan daerah prioritas Madiun Raya, Surabaya Raya, dan Malang Raya.

Baca juga: Selamatkan Dokter Richard Jadi Trending Topic, Siapa dan Ada Apa?

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom