3 Kantor Kepala Desa di Sukoharjo Lockdown

Tiga balai desa di Kabupaten Sukoharjo ditutup sementara untuk mencegah penularan Covid-19.

 Balai Desa Kwarasan, Grogol, Sukoharjo. (Wikipedia)

SOLOPOS.COM - Balai Desa Kwarasan, Grogol, Sukoharjo. (Wikipedia)

Solopos.com, SUKOHARJO – Tiga kantor kepala desa di wilayah Kecamatan Grogol dan Polokarto, Sukoharjo lockdown atau ditutup sementara. Penutupan dilakukan lantaran ada perangkat desa yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketiga kantor kepala desa itu yakni Kwarasan dan Langenharjo di Kecamatan Grogol dan Godog di Kecamatan Polokarto.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Selasa (10/11/2020), kantor kepala Desa Godog, Kecamatan Polokarto ditutup sementara mulai Senin (9/11/2020). Ada seorang perangkat desa setempat yang terpapar Covid-19 dan dirawat di RSUD dr Moewardi, Solo.

Kisah Mbah Tumiyem Pemilik Warung Bothok Mercon Legend di Sragen

Kepala desa dan perangkat desa lainnya yang merupakan kontak erat lini pertama pasien positif telah menjalani uji swab pada Senin.

Kondisi tak jauh beda di kantor kepala Desa Kwarasan dan Langenharjo, Kecamatan Grogol. Perangkat desa di kedua tersebut terinfeksi Covid-19 sehingga seluruh kontak erat lini pertama menjalani uji swab untuk memastikan apakah terpapar Covid-19 atau tidak.

Camat Polokarto

Camat Polokarto, Pardi, mengatakan seluruh kontak erat lini pertama pasien positif yakni kepala desa dan perangkat desa telah menjalani uji swab. Penutupan kantor kepala Desa Godog dilakukan hingga hasil uji swab keluar.

“Ada satu perangkat desa yang stand by setiap hari untuk melayani masyarakat yang mengurus surat administrasi dengan protokol kesehatan secara ketat. Kalau bisa, masyarakat yang hendak mengurus surat administrasi berkoordinasi terlebih dahulu dengan ketua rukun tetangga (RT),” kata dia, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa.

Angkut Mesin Pabrik 20 Ton, Truk Longbed Nyangkut di Rel KA Wonosari Klaten

Saat ini, kepala desa dan perangkat desa di Sukoharjo yang kantornya lockdown menjalani karantina mandiri di rumah sembari menunggu hasil uji swab keluar. Kemungkinan besar, hasil uji swab keluar pada pertengahan pekan ini.

Pardi mengapresiasi masyarakat yang tinggal di sekitar rumah perangkat desa yang menjalani karantina mandiri di rumah. Mereka memberikan suntikan moral dan menyuplai kebutuhan pokok setuap hari.

“Hasil uji swab kemungkinan terbit pada dua hari-tiga hari lagi. Jadi, masyarakat yang hendak mengurus keperluan administrasi tak perlu khawatir. Pemerintah kecamatan bakal membantu jika ada pengurusan administrasi yang bersifat mendesak,” ujar dia.

5 Gaya Mengirim Pesan Teks Ini Ungkap Kepribadian Seseorang

Camat Grogol

Camat Grogol, Bagas Windaryatno, mengatakan seluruh perangkat desa di Langenharjo dan Kwarasan menjalani uji swab lantaran pernah melakukan kontak erat pasien positif. Tak hanya itu, pengurus dan anggota Badan Permusyawaran Desa (BPD) di kedua desa itu juga diwajibkan menjalani uji swab untuk mengetahui apakah terpapar Covid-19 atau tidak.

Bagas memastikan pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan kendati kantor kepala desa ditutup sementara hingga hasil uji swab keluar.

“Penutupan kantor kepala desa hanya beberapa hari. Jadi tak mengganggu roda pemerintahan desa dan pelayanan masyarakat. Apabila hasil uji swab keluar, aktivitas pelayanan masyarakat kembali dibuka,” kata dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Agenda Solo Hari Ini: Masih Ada Pasar Thrift dan Pameran Produk Usaha Mikro

      Agenda Solo hari ini, Kamis (8/12/2022), masih ada market thrift atau awul-awul di hall Terminal Tirtonadi hingga pameran produk usaha mikro PLUT, Jebres.

      Gibran Ngaku Tak Bercanda soal Mau Nyumbang 10 Lagu di Acara Nikahan Kaesang

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak bercanda terkait rencananya menyumbang 10 lagi pada acara nikahan adiknya, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono, Minggu (11/12/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Berawan Tebal Pagi-Sore

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 8 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Cuaca Solo Berawan Tebal Siang Ini, Simak Prakiraan Cuaca BMKG Kamis 8 Desember

      Prakiraan cuaca Kota Solo hari ini, Kamis (8/12/2022) bakal berawan tebal pada siang hari namun tidak ada prediksi hujan sepanjang hari.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 8 Desember 2022, Berawan Sepanjang Hari

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Kamis (8/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 8 Desember 2022, Mendung Tanpa Hujan

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (8/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Berawan Pagi, Gerimis Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 8 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Ini Daftar Seniman Pengisi 9 Panggung Hiburan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia pernikahan Kaesang-Erina telah menentukan sembilan seniman dan kelompok seniman untuk tampil mengisi panggung hiburan di sepanjang Jl Slamet Riyadi, Solo, Minggu (11/12/2022).

      Pamerkan Koleksi Batik Terkini, Danar Hadi Solo Geber Fashion Show di 5 Kota

      Batik Danar Hadi memperkenalkan koleksi terkini mereka yang elegan dan memukau lewat fashion show di Rumah Batik Danar Hadi, Solo, Rabu (7/12/2022).

      Inilah Hasil Lengkap Pilkades di 15 Desa Wonogiri, 3 Cakades Petahana Tumbang

      Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap I 2022 di 15 desa di Kabupaten Wonogiri, Rabu (7/12/2022) telah rampung.

      Belum Dapat Undangan Pernikahan, Teman Masa SD Kaesang di Solo Kirim Doa

      Teman masa SD Kaesang Pangarep di Solo mengaku senang dan ikut mendoakan pernikahan Kaesang-Erina pada akhir pekan ini.

      UMK Sukoharjo 2023 Resmi Naik Jadi Rp2.138.274, Apindo: Berat Bagi Perusahaan!

      UMK Sukoharjo 2023 dipastikan naik 7,01 persen (Rp140.12) dari Rp1.998.153,18 menjadi Rp2.138.274 per bulan.

      Diduga Sakit, Ibu Rumah Tangga Ditemukan Meninggal di Rumah Karangdowo Klaten

      TW, 49, seorang perempuan ditemukan meninggal dunia di dalam rumah di Desa Karangwungu, Kecamatan Karangdowo, Rabu (7/12/2022) sore.

      Cakades Petahana Tambakmerang Girimarto Kalah di Pilkades Wonogiri

      Calon kepala desa (cakades) petahana di Tambakmerang, Kecamatan Girimarto, Margono menelan kekalahan di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap I 2022 di 15 desa di Kabupaten Wonogiri, Rabu (7/12/2022).

      Pasutri asal Desa Tanjung Nguter Sukoharjo, Jadi Rival dalam Pilkades

      Calon kepala desa (cakades) petahana Desa Tanjung, Kecamatan Nguter, Sukoharjo, bakal menghadapi istrinya sendiri dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Kamis (8/12/2022).

      7 Gending Iringi Acara Ngunduh Mantu Pernikahan Kaesang-Erina, Berikut Maknanya

      Grup Seni Karawitan ISI Solo menyiapkan tujuh gending untuk mengiringi prosesi ngunduh mantu pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung, Minggu (11/12/2022).