SOLOPOS.COM - Shin Tae-yong (PSSI)

Solopos.com, SOLO–Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) hingga saat ini belum buka suara terkait pengganti pelatih kepala timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengisyaratkan hanya akan menukangi skuad Garuda hingga Piala Asia 2023 yang digelar Januari-Februari 2024. Hal itu mengingat kontraknya akan habis pada 31 Desember 2023 mendatang.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Pada sisi lain, PSSI memiliki opsi akan memperpanjang atau mengakhiri kontrak Shin Tae-yong tergantung hasil diraih skuad Garuda di level Asia tersebut.

“Memang sudah ada pembicaraan dengan beliau bahwa kontraknya habis pada Desember 2023. Kan opsinya perpanjang atau tidak perpanjang tapi kita ada kesepakatan bahwa kita akan persiapkan sampai Piala Asia,” kata Erick Thohir dikutip dari Antara, Senin (5/6/2023).

Namun, rumor Erick sudah mengantongi nama calon pengganti Shin Tae-yong sudah mengemuka. Publik sepak bola menyebut sejumlah nama yang dimungkinkan sudah disiapkan untuk menggantikan Shin Tae-yong.

Nama-nama yang beredar sudah tak asing lagi lantaran melatih klub kontestan kompetisi kasta tertinggi Indonesia, Liga 1. Namun, ada juga nama baru yang dikaitkan.

1. Akira Nishino.

Sosok Akira belakangan ini menjadi perbincangan publik karena disebut-sebut bakal menjadi Direktur Teknik PSSI menggantikan posisi Indra Sjafri.

Teranyar, pelatih berusia 68 tahun itu masuk bursa calon pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Akira Nishino memiliki rekam jejak cukup mentereng di dunia racik strategi.

Dia sempat dipercaya Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) untuk membesut timnas Jepang pada Piala Dunia 2018 rusia. Capaian Samurai Biru saat itu juga tidak terlalu buruk.

Akira Nishino sukses membawa timnya lolos ke babak 16 besar. Sayang, Jepang gagal melaju ke perempat final setelah kandas di tangan Belgia.

Akira Nishino punya nama besar di sepak bola Jepang. Tidak hanya di tim nasional, Nishino mengukir beberapa prestasi mentereng di level klub bersama Gamba Osaka pada medio 2002 hingga 2011.

Peraih gelar Japan Football Hall of Fame pada 2019 itu bisa menjadi opsi apabila Shin Tae-yong hengkang dari kursi kepelatihan timnas Indonesia.

Saat ini, Akira Nishino sedang menganggur. Kali terakhir dia melatih timnas Thailand pada 2021.

2. Luis Milla.

Luis Milla disebut layak menjadi pengganti Shin Tae-yong. Pria asal Spanyol yang kini menukangi Persib Bandung itu dinilai akan mampu membawa timnas Indonesia lebih baik lantaran pernah menangani skuad Garuda pada 2018 lalu.

Luis Milla pernah menangani timnas Indonesia pada medio 2017 hingga 2018. Meski tak lama, di bawah kepelatihan Milla permainan skuad Garuda menunjukkan progres.

Bermaterikan pemain muda, mantan pemain Real Madrid itu sukses membawa timnas Indonesia lolos ke 16 besar dengan status juara grup saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Sayang, Indonesia harus mengubur mimpi lolos ke babak perempat final setelah kalah adu penalti dari Uni Emirat Arab.

Satu-satunya prestasi yang dipersembahkan Luis Milla yakni membawa skuad Garuda Muda merebut medali perunggu SEA Games 2017.

Pelatih berusia 57 tahun itu kini tengah menangani Persib Bandung. Itu menjadi sedikit keuntungan apabila Luis Milla kembali menanangi timnas Indonesia. Dengan pengalamannya itu, kini dia sudah memahami karakter pemain Indonesia lebih jauh lagi.

3. Bernardo Tavares

Pelatih asal Portugal ini disebut masuk dalam daftar calon pengganti Shin Tae-yong di timnas Indonesia. Ia menjadi salah satu kandidat yang dinilai cukup kuat untuk mengambil peran tersebut.

Sebab, Bernardo Tavares memiliki pencapaian gemilang biasa bersama PSM Makassar. Dia sukses membawa Juku Eja menjadi kampiun Liga 1 2022/2023 lalu setelah 23 tahun puasa gelar.



Saat ini para pencinta sepak bola Tanah Air masih menunggu keputusan resmi PSSI terkait penunjukan pelatih pengganti Shin Tae-yong.

Apabila PSSI memperpanjang kontrak Shin Tae-yong pun tak akan menjadi masalah mengingat dia sudah memberikan banyak perkembangan kepada timnas Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya