3 Kabupaten/Kota Ini Dominasi Peredaran Narkoba di Jateng, Solo Masuk?

Kasus peredaran narkoba di wilayah Provinsi Jawa Tengah atau Jateng paling banyak terungkap di tiga kabupaten/kota.

 Ilustrasi narkoba. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi narkoba. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO — Pengungkapan kasus narkoba sepanjang tahun 2021 di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) didominasi tiga kabupaten/kota. Ketiganaya yakni Kota Semarang, Jepara, dan Solo.

Tiga daerah itu menjadi wilayah dengan jumlah pengungkapan kasus penyalahgunaan narkotika terbanyak di Jateng. Informasi tersebut disampaikan Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Purwo Cahyoko, dalam konferensi pers pada Selasa (14/12/2021).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Jumlah kasus narkotika yang berhasil diungkap sepanjang 2021 di Jateng tercatat 1.285 kasus dengan 600-an tersangka yang tertangkap. Selain itu ada tiga kilogram sabu-sabu dan 50 kilogram ganja yang disita sbeagai barang bukti. Kasus yang terjadi di lapangan diakui bisa lebih banyak daripada itu.

Baca Juga: Walah! Uang Hasil Merampok Gudang Rokok di Solo Diklaim Warisan Nenek  

Pengembangan kasus peredaran narkoba di Jateng terhadap para pelaku lainnya terkendala dengan kecenderungan tersangka yang berusaha memutus jaringan mereka. “Kasus narkotika itu jaringannya selalu terputus, atau tidak adanya pengakuan tersangka,” ujarnya.

Kecenderungan itu dilakukan para tersangka kasus narkotika dengan berbagai alasan, salah satunya agar tidak diincar para pelaku kejahatan yang sama di lembaga pemasyarakatan. Alasan lainnya agar para tersangka tersebut ada yang ngopeni.

Model Jaringan Terputus

“Ada dua sifat dari kejahatan narkotika, yaitu terputus dan tidak ada pengakuan supaya di LP ada yang ngopeni, kira-kira begitu. Tapi ini kami tentu tidak tinggal diam. Kami lakukan terus ungkap jaringan-jaringan yang lain,” terang Purwo.

Baca Juga: Pendiri Ormas Tikus Pithi Hanata Baris Ngaku Tak Tahu Ramalan Jayabaya

Ihwal pengungkapan kasus peredaran narkoba di Jateng pada 2021 menurutnya paling banyak di Semarang, disusul Kabupaten Jepara, kemudian Kota Solo. Jepara menjadi salah satu daerah dengan peredaran narkotika tertinggi karena dekat dengan laut yang memiliki pelabuhan.

“Jepara karena ada beberapa barang masuknya dari Jepara, dan 80 persen narkotika itu dari perairan. Kami bekerja sama dengan Pemda Jepara untuk mengajak masyarakat berperan mencegah masuknya barang itu dari laut,” paparnya.

Sedangkan Kepala BNNK Solo, Triatmo Harmardiomo, mengatakan sudah menyiapkan sejumlah program penanggulangan penyalahgunaan narkotika. Artinya penanggulangan penyalahgunaan narkotika tak hanya dengan penegakan hukum.

“Kami punya banyak program di Solo, misalnya ada ketahanan keluarga, teman sebaya, dan kelurahan bersinar. Ada juga program rehabilitasi, intervensi berbasis masyarakat. Jadi banyak program terkait pencegahan,” teranmya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

+ PLUS Faktor Penyebab Hubungan Inses dan Dampaknya Bagi Keturunan

Kelainan genetik yang berujung meninggalnya bayi seusai dilahirkan merupakan salah satu dampak buruk dari hasil hubungan sedarah atau inses.

Berita Terkini

Ssstt...Bakal Ada Universitas Baru Lagi di Karanganyar Lur

Kabupaten Karanganyar akan kedatangan universitas baru. Pemkab tengah menyiapkan lahan 10 hektare untuk pembangunan gedung universitas negeri tersebut.

Boyolali jadi Daerah Wabah, Berapa Total Ternak Suspek PMK?

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Total ternak suspek PMK di Boyolali saat ini sekitar 4.642.

Ada 2 Event Internasional Di Solo, 796 Personel Keamanan Dikerahkan

Polresta Solo siap menerjunkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan dua event internasional yakni pertemuan G20 dan ASEAN Paragames, Juli ini.

Ternyata Tak Boleh Beri Nama Anak Cuma Satu Kata, Ini Kata Disdukcapil

Disdukcapil Karanganyar meminta warga untuk tidak memberi nama anak mereka dengan hanya satu kata. Ada aturan yang melarang memberi anak dengan hanya satu kata.

Jadi Daerah Wabah PMK, Boyolali Perpanjang Penutupan Pasar Hewan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memutuskan untuk memperpanjang penutupan seluruh pasar hewan. Menyusul adanya penetapan Boyolali sebagai Daerah Wabah PMK.

Gibran Soal Pelecehan Seksual Personel JKT 48: Protesnya Ke Saya Semua!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat protes dari banyak pihak soal kasus pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo.

Pemkab Karanganyar Bagi-Bagi 20 Domba Kurban, Siapa yang Dapat?

Pemkab Karanganyar kembali akan membagi-bagi hewan kurban ke sejumlah daerah dan lembaga. Hewan kurban yang dibagi-bagi berupa domba.

Warga Grogol Terseret Ombak Pantai Drini, Ternyata Kakak Beradik

Dua wisatawan asal Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang terseret ombak di Pantai Drini merupakan kakak beradik.

Kisah Misteri Suara Kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu

Kisah misteri kali ini tentang penampakan kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu.

Waspada! Boyolali Ditetapkan jadi Daerah Wabah PMK

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Hasil tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pertanian Nomor 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah Wabah PMK (foot and mouth disease).

PPDB SMA/SMK Jateng Belum Diumumkan, Begini Cara Cek Hasil Sementara

Hasil seleksi PPDB SMA/SMK negeri di Jateng tahun ajaran 2022/2023 akan diumumkan pada Senin (4/7/2022) paling lambat pukul 23.55 WIB.

Selamat! SSB New Tugu Muda Semarang Jawara Kapolres Sukoharjo Cup 3

Sekolah Sepak Bola (SSB) New Tugu Muda Semarang  menyabet Juara 1 dalam turnamen sepak bola Kapolres Sukoharjo Cup 3, yang digelar di Stadion Gelora Merdeka Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Minggu (3/7/2022).

Misinformasi, Gibran Sebut Bupati Karanganyar Tak Setuju BST

Disebut tak izinkan Batik Solo Trans (BST) masuk karanganyar, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menduga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menerima informasi yang salah.

Gibran Sebut Bupati Karanganyar Tolak BST, Pemkab Langsung Ngetwit Ini

Cuitan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang menyebut Bupati Karanganyar tak menyetujui BST ditanggapi Pemkab Karanganyar.

Akun Calon Siswa SMAN 1 Gondang Sragen Dibajak, Kok Bisa?

Akun milik calon siswa di SMAN 1 Gondang Sragen dibajak orang tak bertanggung jawab dan akibatnya terlempar dari zonasi SMAN 1 Gondang.