3 Jabatan Kepala Dinas di Klaten Segera Terisi, Ini Tahapannya
Ilustrasi kursi jabatan (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN -- Sebanyak tiga jabatan kepala dinas di Klaten segera terisi melalui seleksi terbuka pengisian jabatan tinggi pratama.

Ketiga jabatan tersebut yakni Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), Kepala Satpol PP, dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten. Proses seleksi sudah dibuka pada Oktober lalu.

Sekretaris Badan Kepegawaian, pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Slamet, mengatakan tahapan seleksi sudah memasuki seleksi kompetensi.

“Selanjutnya ada uji gagasan digelar pekan depan,” kata Slamet saat berbincang dengan Solopos.com, Jumat (4/12/2020).

Debat dengan Paslon Tunggal Tak Dinamis, Pengamat Politik Desak PKPU Dibenahi

Dari hasil seleksi administrasi, ada empat pelamar yang dinyatakan lolos untuk melanjutkan proses seleksi terbuka pada jabatan Kepala Disparbudpora.

Kemudian tiga pelamar dinyatakan lolos untuk proses mengikuti seleksi terbuka pada jabatan Kepala Satpol PP, dan empat pelamar pada jabatan Kepala Dishub.

Slamet menuturkan proses lelang jabatan itu digelar setelah mendapatkan izin dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Selain itu, proses lelang jabatan dilakukan setelah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Oalah, 62 Kades di Jateng Langgar Netralitas Pilkada 2020

“Memang di masa Pilkada itu, enam bulan sebelum dan sesudah Pilkada itu tidak boleh kecuali mendapatkan izin dari Mendagri. Ini digelar setelah ada izin dari Mendagri dan kami sampaikan ke KASN. Selain sudah mendapatkan izin dari Mendagri, pengisian juga dilakukan terkait penanganan Covid-19. Pada hal-hal tertentu perlu [pejabat definitif] untuk percepatan penanganan Covid-19,” kata Slamet.

Tahapan Seleksi Terbuka

Sebelumnya pemkab mengusulkan seluruh jabatan kepala dinas yang saat ini kosong mendapatkan izin dilakukan proses pengisian melalui seleksi terbuka. Namun, hanya tiga jabatan yang diizinkan dilakukan proses seleksi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, mengatakan tahapan seleksi terbuka masih berlangsung.

Warga Sragen Diduga Terjun ke Bengawan Solo Ditemukan Tak Bernyawa

Proses seleksi dilakukan oleh tim panitia seleksi (pansel) terbuka dan kompetitif pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkab Klaten. Tim pansel terdiri dari unsur perguruan tinggi, tokoh masyarakat, serta pejabat Pemkab Klaten.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom