SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pekanbaru (Solopos.com)–Hasil pantauan satelit NOAA 1,8, dalam 3 hari terakhir di wilayah Riau, terdapat 77 titik api. Sedangkan untuk wilayah Sumatera pernah mencapai 156 titik.

Berdasarkan pantauan satelit ini, sebaran titik api hampir menyeluruh di wilayah Kabupaten Riau. Hitungan pada tanggal 10 Mei, di Kabupaten Rokan Hilir terdapat 28 titik api. Menyusul di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Meranti, terdapat masing-masing 9 titik api.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabupaten Belalawan terdapat 10 titik api. Sehingga pada hari itu, dari seluruh kabupaten, di Riau terdapat 77 titik api, dengan total titik api di seluruh wilayah Sumatera mencapai 156 titik api.

Ekspedisi Mudik 2024

Data ini disampaikan staf analisa BMKG Pekanbaru, Marzuki yang ditemui  di ruang kerjanya di Kompleks Bandara Syarif Kasim II Pekanbaru, Jumat (13/5/2011).

Menurutnya, titik api mulai berkurang pada tanggal 11 Mei, dari 77 titik api menjadi 46. Sedangkan di wilayah Sumatera menjadi 116.

Data terakhir pada tanggal 12 Mei, titik api kembali menurun. Di Riau bersisa 9 dan Sumatera 45 titik api.

“Terhitung bulan ini, wilayah Riau memang sudah memasuki musim kemarau, yang kemungkinan bila tidak diantisipasi bisa jadi hari ini berkurang jumlah titik apinya, tapi besoknya bisa bertambah lagi,” kata Marzuki.

Selain akibat musim kemarau, sekitar 3 hari lalu, wilayah udara Riau sempat terganggu oleh badai tropis yang terjadi di Filipina yang saat itu suhu udaranya meningkat. Biasanya rata-rata 33-34 derajat Celcius, menjadi 36,6 derajat Celcius. Kondisi ini juga membuat udara di wilayah Riau menjadi kering.

“Saat ini hasil monitoring kita kabut asap di Riau dari tipis meningkat menjadi sedang. Walaupun jarak pandang pagi hari kadang di bawah normal dan siang rata-rata mencapai 3 km. Tadi pagi, kabut asap yang terjadi ditambah dengan embun pagi sehingga jarak pandang hanya 150 meter. Itu yang menyebabkan jadwal penerbangan sempat terganggu. Namun tadi pagi pekatnya karena ditambah embun,” bebernya.

Selain di Riau, titik api tersebar di Aceh (22 titik api), Sumut (14), Sumbar (15), Sumsel (12), Jambi (6), Bengkulu dan Lampung (4), Bangka Belitung dan Kepri (1).

(detik.com/tiw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya