SOLOPOS.COM - Personel gabungan BPBD Kabupaten Malang pada saat melakukan pencarian korban tertimbun longsor di Dusun Besuki, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Jawa Timur, Rabu (2/11/2022). (FOTO ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Malang)

Solopos.com, MALANG — Setelah tiga hari dilakukan pencarian, tukang ojek bambu bernama Muhamad Amin ditemukan meninggal dunia tertimbun tanah longsor di kawasan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan, mengatakan warga Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, itu dilaporkan hilang tertimbun tanah longsor pada Selasa (1/11/2022). Proses pencarian langsung dilakukan. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Kamis (3/11/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Korban ditemukan Kamis pagi tadi pukul 08.55 WIB dalam kondisi meninggal dunia,” katanya.

Dia menuturkanjasad Muhammad Amin ditemukan oleh tim gabungan tidak jauh dari lokasi awal yang diduga merupakan tempat keberadaan korban terakhir kali.

Menurutnya, usai korban tersebut ditemukan tim gabungan bersama masyarakat langsung menyerahkan jenazah korban kepada pihak keluarga. Tim gabungan tetap melakukan evakuasi material longsor agar bisa dilalui kendaraan roda dua.

Baca Juga: Sindikat Produsen Uang Palsu Antarprovinsi Dibekuk, Upal Rp808 Juta Diamankan

“Evakuasi longsor diakhiri pukul 10.30 WIB dan tim semuanya sudah kembali,” kata Sadono Irawan.

Bencana tanah longsor terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi di kawasan Poncokusumo pada 1 November 2022, kurang lebih pada pukul 16.30 WIB. Dimensi longsor kurang lebih sepanjang 30 meter dengan ketinggian tebing 12 meter.

Pada mulanya, korban bersama rekannya Ilham, 30, berjalan beriringan menggunakan sepeda motor masing-masing dan hendak melakukan ojek bambu di wilayah tersebut. Hujan deras mengguyur area tersebut sejak pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Ada Tempat Wisata Gratis Baru di Madiun, Pahlawan Religi Center Namanya

Kemudian, Ilham yang posisinya berada di depan Amin tidak melihat keberadaan korban. Ilham akhirnya berputar untuk mencari rekannya tersebut dan melihat jalan yang telah dilaluinya tertimbun longsor. Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke pihak desa.

Selain itu, akibat tanah longsor tersebut akses kendaraan roda dua untuk ke area pertanian di Dusun Besuki tersebut terputus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya