3 Hari, 1.240 Nakes Solo Divaksin Corona, 82 Orang Ditunda
Petugas medis menyuntikkan vaksin Sinovac kepada perwakilan tenaga kesehatan (nakes) pada Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Kamis (14/1/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 1.240 tenaga kesehatan atau nakes Kota Solo sudah divaksin virus corona pada tiga hari pertama vaksinasi, Kamis-Sabtu (14-16/1/2021). Sementara 82 nakes lainnya terpaksa menunda vaksinasi karena beberapa sebab.

Lebih dari 10.000 nakes dijadwalkan menjalani vaksinasi Covid-19 di Kota Solo. Vaksinasi akan terus berlanjut di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) hingga semua nakes disuntik vaksin.

Penyuntikan vaksin dilakukan dua kali dengan jarak 14 hari dari vaksinasi pertama. Saat ini, nakes dan 11 orang perwakilan elemen masyarakat yang disuntik vaksin pada hari pertama, Kamis (14/1/2021) lalu sudah mulai menerima SMS Blast untuk penyuntikan dosis kedua.

2 Ekskavator Bergerak Ratakan Lahan Eks HP 16 Mojo Solo, Warga Diminta Pindah

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan selama tiga hari pertama vaksinasi, DKK mencatat sudah ada 1.240 nakes yang divaksin virus corona.

“Itu belum yang datang tapi terpaksa ditunda vaksinasinya karena memiliki tekanan darah tinggi. Dari laporan yang masuk ada 82 nakes [yang ditunda],” jelasnya kepada Solopos.com melalui telepon, Senin (18/1/2021).

Seribuan nakes tersebut menerima vaksin melalui 33 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) termasuk puskesmas. Per hari, fasyankes membuka dua hingga tiga sesi vaksinasi dengan maksimal 15 orang per sesi.

Pasar Kota Sragen Direvitalisasi, Ini 4 Lokasi Pasar Darurat Untuk 854 Pedagang

Dosis Kedua

Ia menyebut laporan yang masuk rata-rata per sesi masih sekitar tiga, lima, hingga tujuh nakes. Harapannya mulai pekan ini nakes yang datang per sesi lebih banyak.

“Karena kan satu sesi itu maksimal bisa melayani 15 orang. Tapi memang semuanya kembali ke masing-masing nakes, karena mereka yang memilih sendiri mau divaksin di mana dan kapan,” kata Ning.

Sebelumnya, sejumlah nakes dan 11 orang perwakilan masyarakat Kota Solo yang sudah divaksin corona mulai menerima SMS blast jadwal vaksinasi Covid-19 dosis kedua. Rata-rata jadwalnya selisih dua pekan dari pemberian dosis pertama.

Duh, PMI Sukoharjo Kesulitan Mencari Pendonor Darah, Stok Menipis!

“Saya terima [SMS Blast] Senin ini. Ya, tinggal menunggu jadwal saja. Beberapa hari sesudah divaksin, saya tidak merasakan apa pun. Sakit sedikit saat disuntik saja,” ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, kepada Solopos.com, Senin (18/1/2021).

Ahyani menjadi salah seorang dari 11 orang perwakilan berbagai elemen masyarakat yang menerima vaksin kali pertama di Solo. Sepuluh orang lainnya ada Danrem 074/Warastratama, Wakapolresta Solo, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan lain-lain termasuk satu perwakilan wartawan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom