SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA — Sedikitnya 3 gubernur melakukan pertemuan dengan Menakertrans Muhaimin Iskandar guna membahas upah minimum 2013 di daerah setempat.

Ketiga provinsi itu adalah DKI Jakarta yang dihadiri oleh Gubernur Joko Widodo, wilayah Jawa Barat dengan Gubernur Ahmad Heryawan, dan Banten oleh Ratu Atut Chosyiah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertemuan itu dilakukan karena ketiga provinsi ini saling keterkaitan satu sama lain dalam hubungannya dengan kenaikan upah minimum dan gejolak pekerja/buruh.

Menurut Menakertrans Muhaimin Iskandar, dalam menetapkan upah minimum provinsi (UMP) 2013 di 3 provinsi itu, para kepala daerahnya harus saling berkoordinasi.

“Koordinasi yang intensif sebelum ditetapkan UMP untuk tahun depan sangat diperlukan agar keputusannya dapat saling sinkron dan tidak berjalan sendiri-sendiri,” ujarnya usai pertemuan dengan 3 gubernur itu, Jumat (2/11/2012).

Selain itu, lanjutnya, diharapkan dengan adanya koordinasi tidak menimbulkan saling iri di antara pekerja/buruh di wilayah bertetangga itu, karena  upahnya sesuai dengan kebutuhan.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan yang diperlukan sebelum ditetapkan UMP 2013 adalah melakukan survei secara bersamaan di seluruh wilayah kabupaten/kota.

“Survei itu sangat diperlukan dalam waktu yang bersamaan, sehingga dapat dirangkum hasil akhir sebelum ditetapkan nilai UMP,” ungkapnya.

Jadi, dia menambahkan antardaerah tidak saling menunggu, karena pada akhirnya dapat menyebabkan perkiraan nilai upah tidak dapat dibandingkan antara satu wilayah dan wilayah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya