3 Fakta Nh Dini Ibu Kreator Minions di Google Doodle Hari Ini
Google doodle Nh Dini. (Liputan 6)

Solopos.com, SOLO – Ada yang berbeda dengan tampilan halaman mesin pencari Google hari ini, Sabtu (29/2/2020). Jika masuk ke laman Google, Anda akan melihat sosok wanita berkacamata yang tengah sibuk menulis di atas secarik kertas. Siapakah dia?

Dia adalah Nurhayati Srihardini Siti Nukatin atau biasa dikenal dengan nama pena Nh Dini. Ia merupakan salah satu sastrawan kebanggaan Indonesia. Google menampilkan desain doodle terbaru untuk merayakan hari kelahiran Nh Dini.

Berikut tiga fakta soal Nh Dini:

Asli Semarang

Dikutip dari Wikipedia, Sabtu (29/2/2020) Nh Dini lahir di Semarang, Jawa Tengah, 29 Februari 1936. Dia adalah salah satu sastrawan, novelis, dan feminis kenamaan Indonesia. Nh Dini dikenal dengan sejumlah karyanya yang mengangkat topik kesetaraan gender.

Ia percaya derajat perempuan harus setara dengan kaum laki-laki. Salah satu novel karyanya yang terkenal yaitu, Pada Sebuah Kapal (1973).

Novel itu bercerita tentang seorang wanita bernama Sri yang memiliki pernikahan kurang bahagia. Sri lantas memilih jatuh cinta dengan seorang kapten kapal ketika ia berlayar.

Ibu dari pencipta Minions

Nh Dini menikah dengan pria berkebangsaan Prancis, Yves Coffin, pada 1960. Nh Dini kemudian dikaruniai dua orang anak bernama Marie Claire Lintang Coffin dan Pierre Louis Padang Coffin.

Pierre Louis Padang Coffin merupakan seorang pencipta karakter Minions yang terkenal di dunia film animasi. Pria yang lahir di Prancis 2 November 1967 itu ternyata suka cerita wayang kulit dengan Gatot Kaca sebagai tokohnya.

Meninggal akibat kecelakaan

Dikutip dari Liputan 6, Nh Dini mengalami kecelakan mobil di ruas Tol Banyumanik, Semarang, kilometer 10, Selasa siang, 4 Desember 2018. Sekitar pukul 11.15 WIB. Mobil Toyota Avanza bernopol H 1362 GG miliknya ditabrak truk yang dikendarai Gilang Septian, 28.

Saat itu mobil Nh Dini tengah melaju di tol dari arah utara (Gayamsari) ke selatan (Tembalang). Karena jalan menanjak, dari arah depan truk bernopol AD 1536 JU tiba-tiba berjalan mundur mengenai mobil yang ditumpanginya.

Nh Dini sempat memperoleh perawatan di Rumah Sakit Elisabeth Semarang Probowati Tjondronegoro, Semarang, Jawa Tengah. Tetapi akhirnya meninggal dunia akibat benturan dan mengalami cedera parah di kepala dan kaki kanan. (Ria Sari Febrianti/Solopos.com)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho