SOLOPOS.COM - Rombongan delegasi anggota G20 melihat proses produksi kerajinan gitar di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki, Sabtu (25/6/2022). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Delegasi anggota G20 kembali mengikuti city tour ke sejumlah desa wisata di Sukoharjo, Sabtu (25/6/2022). Kali ini mereka menyambangi dua desa wisata dan satu desa percontohan pertanian modern.

Rombongan delegasi anggota G20 itu terdiri atas tiga duta besar. Masing-masing Duta Besar Mozambik, Belmiro Jose Malat; Duta Besar Nigeria, Usman Ari Ogah, dan Duta Besar India, Manoj Kumar Bharti.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Mereka mengunjungi sentra kerajinan gamelan Jawa di Desa Wirun, Kecamatan Mojolaban, sekitar pukul 09.00 WIB. Mereka melihat langsung proses produksi gamelan Jawa yang menembus pasar luar negeri.

Jadwal kunjungan rombongan delegasi anggota G20 berlanjut ke sentra industri kerajinan gitar di Desa Ngrombo, Kecamatan Baki. Saat tiba di Desa Ngrombo, rombongan disambut 75 perajin gitar yang menyanyikan lagu Ngrombo Kuncoro. Masing-masing delegasi diberi suvenir berupa gitar.

Di lokasi itu, tiga duta besar tersebut beserta istri berkesempatan mengunjungi tempat produksi kerajinan gitar. Hal ini menyedot perhatian warga setempat.

Baca Juga: Ini Asal Nama Sega Guwakan, Kuliner Khas Sukoharjo untuk Tamu G20

Warga setempat ingin bertatap muka langsung dengan rombongan delegasi G20. Bahkan, ada beberapa warga yang ingin berfoto bersama delegasi anggota G20 tersebut.

“Hari ini [Sabtu], delegasi anggota G20 mengunjungi tiga lokasi. Seusai acara, rombongan delegasi G20 langsung menuju bandara untuk pulang,” kata Sekda Sukoharjo, Widodo, yang ikut memdampingi rombongan delegasi G20, Sabtu.

Selanjutnya, rombongan delegasi G20 mengunjungi desa percontohan pertanian di Desa Majasto, Kecamatan Tawangsari. Mereka melihat lokasi pengairan lahan pertanian dan sawah yang menerapkan konsep Indeks Pertanaman (IP) 400 dengan empat kali tanam dan panen dalam setahun.

Baca Juga: Cicipi Beras Kencur di Kafe Jamu Nguter, Delegasi G20: Rasanya Segar

Sebelumnya, rombongan delegasi G20 menghadiri pembukaan Sukoharjo Makmur Festival di The Park Mall, Solo Baru, pada Jumat (24/6/2022) malam.

“Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang ikut berpartisipasi menyukseskan kunjungan delegasi G20. Kami bangga Sukoharjo dipilih sebagai salah satu lokasi rangkaian kegiatan presidensi forum kerjasama 20 ekonomi utama dunia,” kata dia.

Kepala Desa Ngrombo, Sri Partini, mengatakan kunjungan delegasi G20 merupakan momen langka dan kebanggaan bagi masyarakat setempat. Dia berharap kunjungan delegasi G20 itu menjadi bagian dari promosi produk kerajinan gitar agar bisa ekspansi ke pasar global. Selama ini, sebagian besar produk gitar hanya memenuhi permintaan pasar domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya