SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Tiga desa di Kecamatan Jatinom, Klaten menjadi sasaran bantuan Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) dari Departemen Pertanian (Deptan) RI.

Anggota Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Jatinom, Widodo kepada Espos, Senin (29/11), mengatakan tiga desa yang menjadi sasaran bantuan PUAP itu meliputi Glagah, Pandeyan, dan Cawan. Menurutnya, masing-masing desa tersebut mendapat bantuan PUAP senilai Rp 100 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sekarang bantuan dana itu sudah masuk ke rekening masing-masing Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di tiga desa itu,” ujar Widodo.

Bantuan PUAP dari Deptan RI tersebut bertujuan untuk mendukung program pengentasan kemiskinan melalui sektor pertanian. Rencananya, sambung Widodo, dana PUAP tersebut bisa digunakan untuk pembelian sarana produksi (Saprodi) pertanian dan peminjaman modal usaha tani.

“Para petani bisa meminjam modal untuk mengembangkan usaha yang digelutinya seperti industri tahu dan tempe. Dengan begitu, kami berharap dana PUAP senilai Rp 100 juta itu bisa berkembang lebih besar,” tukas Widodo.

Guna mengantisipasi adanya kredit macet, lanjut Widodo, penggunaan bantuan PUAP tersebut mendapat pengawasan dari LSM Mitra Tani. Pihaknya juga meminta masing-masing Gapoktan lebih selektif dalam memilih calon peminjam modal.

“Hanya para petani yang benar-benar serius dan bisa dipercaya yang akan diberi pinjaman modal,” kata Widodo.

mkd

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya