Ilustrasi suhu mobil. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Terik matahari dan suhu panas akhir-akhir ini membuat suhu udara di dalam mobil menjadi tak nyaman. Apalagi untuk mobil yang terparkir di ruangan terbuka dan terpapar sinar matahari langsung.

Bukan cuma suhu udara, kondisi jok mobil juga ikut panas karena terjemur sinar matahari. Sebenarnya ada 3 cara yang efektif untuk menurunkan suhu udara panas dalam mobil. Berikut tips mengatasi suhu panas di dalam mobil seperti dikutip Solopos.com dari laman Nissan Indonesia, Selasa (22/10/2019);

Pakai Pelindung Matahari

Salah satu cara yang paling efektif dalam mempertahankan suhu udara dalam mobil untuk tetap dingin adalah dengan menghalanginya dari terik matahari. Gunakanlah pelindung matahari yang mudah dipasang dan dilepas.

Mungkin pelindung matahari hanya bisa menutupi bagian kaca depan atau belakang mobil. Namun setidaknya lebih baik daripada mobil terpapar sinar matahari langsung. Selain itu, roda kemudi dan kenop pengganti transmisi akan tetap dingin.

Manfaatkan Sirkulasi Udara AC

Bukalah semua jendela pada mobil Anda. Kemudian nyalakan AC Anda, bila ada mode fresh air (biasanya ditandai dengan gambar kabin mobil dengan panah masuk ke gambar mobil) sangat disarankan. Hal ini akan membantu Anda mengusir udara panas dengan udara yang lebih dingin.

Tunggu beberapa saat hingga udara dalam mobil sedikit mendingin. Biasanya 1-2 menit saja sudah cukup. Barulah tutup semua jendela dan kembalikan AC ke posisi recirculate (bertanda kabin mobil dengan panah melingkar).

Biarkan Jendela Terbuka Sedikit

Sebelum Anda meninggalkan mobil, bukalah sedikit jendela. Udara panas akan mudah keluar dari celah tersebut. Cukup satu celah saja untuk menciptakan ventilasi udara panas.

Jangan pernah menurunkan jendela terlalu lebar. Anda hanya perlu celah sebesar 1-2 cm saja. Celah yang terlalu besar akan dimanfaatkan oleh pihak tak bertanggung jawab untuk mencoba membuka mobil Anda dan mencuri sesuatu dari mobil atau bahkan mencongkel mobil. Nyalakan alarm sebagai langkah aman.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten