SOLOPOS.COM - Ilustrasi berbuka puasa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Saat berbuka puasa, umat Islam disunahkan melakukan beberapa amalan yang di bawah ini menurut ajaran Rasulullah, di mana salah satunya adalah berdoa.

Azan magrib merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim selama puasa di bulan Ramadan. Bunyi azan magrib tersebut menandakan mereka diperbolehkan berbuka setelah seharian penuh berpuasa.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Namun, saat berbuka puasa, umat muslim jangan asal langsung ambil makan untuk membatalkan puasa karena alangkah baiknya membatalkan puasa dengan segelas air putih.

Nah, dalam Islam sendiri terdapat amalan-amalan sunah yang dilakukan saat berbuka puasa sesuai ajaran Rasulullah SAW. Berikut ini sederet amalannya, yang Solopos.com kutip dari laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

1. Menyegarakan Berbuka

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim, umat Islam diminta menyegerakan berbuka puasa.

Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka. (HR. Bukhari no 1957 – Muslim no.1098).

2. Berbuka dengan Manis

Amalan sunah kedua adalah berbuka puasa dengan yang manis-manis, seperti kurma. Jika tidak ada kurma, cukup dengan air putih saja.

Apabila di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena kurma mengandung berkah, apabila tidak mendapatkan kurma maka berbukalah dengan air putih karena air putih itu bersih (dapat menetralisir). (HR. Tirmidzi no. 658).

3. Membaca Doa

Amalan terakhir saat berbuka puasa adalah membaca doa yang dilafalkan setelah membatalkan puasa.

Allahummalakasumtu wabika aamantu wa’alarizqika afthortu birohmatikaya ar-hamarrahimin.

Artinya: Ya Allah Dzat yang Maha Pemurah dari segalanya, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki dan kasih sayang-Mu aku berbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya