SOLOPOS.COM - Striker Portugal, Cristiano Ronaldo, merayakan gol ke gawang Wales di laga semifinal Piala Eropa 2016. (JIBI/Reuters/Carl Recine)

Cristiano Ronaldo menjadi pemain kunci Portugal di Piala Eropa 2016.

Solopos.com, PARIS – Melajunya Portugal hingga Final Piala Eropa 2016 barangkali tak bisa dilepaskan dari peran Cristiano Ronaldo. Pemain berjuluk CR7 ini tercatat melakukan aksi spektakuler di saat-saat genting.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Portugal, Ronaldo sebenarnya tidak dipasang di posisi terbaiknya. Alih-alih di posisi winger, pelatih Portugal Fernando Santos menempatkan Ronaldo di ujung tombak. Bahkan, Santos “memaksakan” winger lain, Luis Nani, untuk berduet dengan Ronaldo di depan.

Meski begitu, Ronaldo tak kehilangan tajinya. Di beberapa pertandingan Ronaldo terbukti mampu membawa kemenangan untuk Portugal. Mantan kekasih Irina Shayk ini juga menjadi salah satu pemain paling banyak menciptakan peluang sepanjang Piala Eropa 2016 ini.

Dari enam pertandingan Portugal sepanjang Euro 2016 ada sejumlah pertandingan yang dimenangkan berkat tuah peraih 3 Ballon D’Or itu. Inilah tiga momentum kunci Ronaldo di Piala Eropa 2016;

2 Gol 1 Assist (vs Hungaria)

Laga terakhir grup F kontra Hungaria menjadi benar-benar berat bagi Portugal. Di dua pertandingan sebelumya, Portugal tak sekalipun meraih kemenangan. Melawan Islandia, Seleccao ditahan imbang 1-1 sementara menghadapi Austria Ronaldo cs. bahkan tak ada gol yang tercipta. Di laga Austria Ronaldo bahkan berada di titik nadir lantaran gagal mengekekusi penalti.

Frustasi melanda Portugal menjelang laga menentukan itu. Namun, tekanan demi tekanan nyatanya tak cukup menghentikan CR7. Di laga itu, Ronaldo mencetak dua gol dan satu assist.

Portugal barangkali tidak menang, tapi berkat hasil imbang mereka lolos sebagai peringkat tiga terbaik.

Di laga ini, Ronaldo menjadi man of the match dan membungkan kritik pedas yang diarahkan ke dirinya.

Penalti Pembuka (vs Polandia)

Hingga babak 16 besar, Portugal tak pernah sekalipun menang di 90 menit. Dan fenomena ini kembali terjadi saat berhadapan dengan Polandia di semifinal.

Striker andalan Polandia, Robert Lewandowski, membuat Portugal kaget dengan lesakkan golnya. Beruntung pemain muda Renato Sanches bermain bagus dan mencetak gol penyeimbang.

Potugal menyudahi laga dengan kemenangan lewat adu penalti. Ronaldo menjadi pemain kunci lewat gol di penalti pembuka Portugal.

Beban sebagai eksekutor pertama menggelayut. Beberapa pekan sebelumnya, CR7 dicibir lantaran gagal mengeksekusi penalti saat berhadapan dengan Austria.

Penalti ini juga berselang beberapa hari setelah Lionel Messi gagal mencetak gol sebagai eksekutor pembuka adu penalti Argentina vs Chile di Final Copa America Centenario 2016.

Beban berat itu nyatanya mampu dipikul Ronaldo. Eksekusi mulus Ronaldo membuat moral pemain Portugal terangkat. Setelah eksekusi ini, tidak ada satupun penendang penalti Portugal yang gagal menceploskan bola.

Semifinal (vs Wales)

Di semifinal, Ronaldo kembali mencetak gol penting. Bak aksi pemain basket, lompatan tinggi Ronaldo membuat barisan pertahanan Wales terpana. Sundulannya menghujam gawang Hennessey.

Tak berhenti sampai di situ, Ronaldo juga berperan dalam gol kedua Portugal. Tendangan kerasnya mampu dikonversi Luis Nani menjadi gol.
Ronaldo berhasil menjadi Man of the Match dan membawa Portugal lolos ke laga puncak Piala Eropa 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya