3.800 Sapi di 6 Kecamatan di Sragen Bakal Divaksin PMK Akhir Pekan Ini

Sebanyak 3.800 ekor sapi di eks Kawedanan Gemolong, Sragen, akan divaksin PMK pada akhir pekan ini. Vaksinasi ini akan melibatkan mahasiswa UGM dan 43 mantri hewan.

 Dua dokter hewan melakukan swab oropharyngeal dan swab nasal pada sapi milik warga di wilayah Desa Ngrombo, Kecamatan Plupuh, Sragen, Kamis (19/5/2022). (Istimewa/Disnakan Sragen)

SOLOPOS.COM - Dua dokter hewan melakukan swab oropharyngeal dan swab nasal pada sapi milik warga di wilayah Desa Ngrombo, Kecamatan Plupuh, Sragen, Kamis (19/5/2022). (Istimewa/Disnakan Sragen)

Solopos.com, SRAGEN — Permintaan Dinas Pertanakan dan Perikanan (Disnakkan) Sragen untuk mendapatkan 3.800 dosis vaksin penyakit mulut kuku (PMK) dipenuhi pemerintah pusat. Vaksin itu akan diberikan ke 3.800 ekor sapi di 38 desa di enam kecamatan di Sragen.

Vaksinasi PMK akan dilakukan akhir pekan ini dengan melibatkan 43 mantri hewan. Sebelum pelaksanaan vaksinasi, para mantri hewan ini diberi pembekalan dengan menghadirkan pakar veteriner dari Pemprov Jateng.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Pembekalan itu digelar di aula Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Sragen, Rabu (29/6/2022). Selain para mantri, Disnakkan juga akan melibatkan mahasiswa dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Kepala Disnakkan Sragen, Rina Wijaya, mengatakan vaksinasi PMK akan dilaksanakan 2-3 Juli 2022 di 38 desa di eks Kawedanan Gemolong. Pembekalan atau bimbingan teknis hari ini untuk penyegaran para mantri hewan di Sragen yang akan dilibatkan dalam vaksinasi.

Baca Juga: PMK Merajalela, Belasan Peternak Sapi di Karanganyar Malah Tolak Vaksin

“Kami akhirnya mendapatkan vaksin 3.800 dosis sesuai dengan permintaan. Sasarannya per desa ada 100 ekor sehingga total ada 3.800 ekor. Semua sasaran kemungkinan sapi. Dalam pelaksanaan vaksinasi nanti Disnakan kerjasama dengab TNI, Polri, dan PPL. Jadi satu desa itu ada petugas yang terdiri atas Babinsa, Bhabinkamtibmas, PPL, dan dua orang mantri hewan,” ujarnya.

Rina menjelaskan vaksinasi hanya diberikan untuk ternak yang sehat, belum pernah sakit, dan bukan hewan kurban. Vaksinasi diklaim aman untuk sapi bunting, pedet atau sapi anakan umur dua pekan.

Bila ada satu hewan terpapar dalam satu kandang, maka ternak di kandang yang sama tidak jadi sasaran vaksin. “Sebelumnya, para kades sudah mendata hewan ternak sesuai kriteri hewan sehat,” ujarnya.

Baca Juga: Perdana! 101 Ekor Sapi Ternak di Karanganyar Disuntik Vaksin PMK

Kabid Kesehatan Hewan Disnakan Sragen, Toto Sukarno, menambahkan, 38 desa itu menyebar di enam kecamatan di eks Kawedanan Gemolong. Yakni Gemolong (7 desa), Tanon (6 desa), Kalijambe (8 desa), Miri (4 desa), Sumberlawang (7 desa), dan Plupuh (6 desa). Dosis vaksin yang diberikan untuk sapi dewasa 2 cc. Untuk sapi anakan , kambing, domba, dan babi hanya 1 cc.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Bursa Lukisan Perpusda Boyolali Jual Karya Mulai Rp500.000, Yuk Dibeli

      Komunitas seni Sapu Gerang Boyolali menggelar bursa lukisan di area parkir Perpustakaan Umum Daerah (Perpusda) Boyolali selama sepekan, Sabtu-Sabtu (13-20/8/2022).

      Komandan Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo: Momen Perbaikan Citra

      Komandan upacara yang juga alumnus Ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Ilham Muhajirin, 19, mengatakan upacara HUT Ke-77 RI menjadi perayaan ulang tahun ke-50 sekaligus momen perbaikan citra ponpes.

      Khidmat, Malam Tirakatan HUT ke-77 RI di RT 002 Klodran Indah Colomadu

      Pelaksanaan Malam Tirakatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di RT 002/RW 009 Perumahan Klodran Indah Colomadu Karanganyar berlangsung khidmat yang digelar secara offline.

      87 Penumpang Naik KRL Solo Balapan-Palur pada Hari Pertama Uji Coba

      KRL lintas Solo Balapan-Palur akhirnya mulai beroperasi tepat pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

      7 Napi di LP Kelas II B Wonogiri Bebas saat HUT ke-77 RI

      Sebanyak 217 warga binaan pemasyarakatan (WBP) LP Kelas II B Wonogiri mendapat remisi kemerdekaan saat perayaan HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

      Kali Pertama, Siapa Pencetus Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo?

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia pertama di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

      Mangkunegaran di Tengah Sejarah Perkeretaapian Indonesia

      Pengangkatan Sri Paduka Mangkunagoro X sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI) pada Agustus 2022 menjadi momentum untuk mengingat lagi sejarah perkeretapian di Indonesia yang dimulai pada 10 Agustus 1867. Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia.

      HUT RI, Kegagalan Paskibra Solo Terbayar Lunas saat Penurunan Bendera

      Para anggota Paskibra Solo membayar lunas kegagalan mereka dengan keberhasilan pada upacara penurunan bendera peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari.

      Upacara HUT RI Ponpes Ngruki Sukoharjo, Pertama sejak 50 Tahun Berdiri

      Upacara HUT ke-77 Republik Indonesia di halaman Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022), menjadi yang pertama bagi mereka sejak 50 tahun berdiri.

      14 Unit RTLH di Klaten bakal Dibangun Rumah Baru, di Sini Lokasinya

      Lebih dari 1.508 unit rumah tak layak huni (RTLH) di Klaten menjadi sasaran bantuan stimulan rehab dari pemerintah.

      Pemkab Klaten Tak Gelar Karnaval saat HUT RI, Ini Gantinya

      Pemkab Klaten memilih tak menggelar karnaval budaya pada perayaan HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

      Peroleh Remisi Kemerdekaan, Begini Komentar Warga Binaan di LP Klaten

      Sebanyak 182 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten menerima remisi atau potongan hukuman pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini.

      Momen Abu Bakar Baasyir Ikuti Upacara HUT RI di Ponpes Ngruki Sukoharjo

      Pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Ustaz Abu Bakar Baasyir, turut serta dalam upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, di Pondok Pesantren (ponpes) Al-Mukmin, Ngruki, Cemani, Grogol, Sukoharjo, Rabu (17/8/2022).

      Sejarah Desa Ponggok Klaten, Lokasi Air Melimpah dari Gunung Merapi

      Desa Ponggok terkenal dengan objek wisatanya, yaitu Umbul Ponggok.

      Bikin Haru, Ini Makna Mendalam Lagu Ojo Dibandingke Menurut Penciptanya

      Lirik dan makna lagu Ojo Dibandingke ciptaan seniman Boyolali, Abah Lala.

      Gibran Ungkap Alasan Pakai Beskap Cokelat saat Upacara HUT RI di Solo

      Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengenakan beskap warga cokelat saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari Solo.