3.427 Peserta Lolos SBMPTN UNS Solo, Kamu Termasuk?
Rektor UNS Jamal Wiwoho (kedua dari kiri) memberikan keterangan kepada wartawan terkait pengumuman SBMPTN di Kampus UNS Solo, Jumat (14/8/2020). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 3.427 peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo dinyatakan lolos Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer itu diumumkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di Kampus UNS Solo, Jumat (14/8/2020) pukul 15.00 WIB.

Rektor UNS Jamal Wiwoho langsung menggelar jumpa pers di Gedung Rektorat setempat. Jamal didampingi Ketua Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SMPB) Ahmad Yunus dan jajarannya.

Bertemu Gibran, Gerakan Milenial Indonesia Ingin Ada Sentra Etalase UMKM Anak Muda di Solo

Dia mengatakan jumlah peminat SBMPTN UNS Solo pada 2020 mencapai 51.974 orang atau naik 6,66 % dibandingkan tahun 2019.

“Jumlah yang lolos seleksi SBMPTN UNS tahun 2020 sebanyak 3.427 orang atau 6,59 % dari jumlah peminat. Jumlah yang lolos tersebut terdiri atas 2.550 pendaftar reguler dan 877 pendaftar pemegang KIP [Kartu Indonesia Pintar]-Kuliah tahun 2020,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan dengan jumlah peminat tersebut, UNS Solo menempati posisi kelima perguruan tinggi negeri dengan jumlah peminat SBMPTN terbanyak di Indonesia.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka Besok Pukul 12.00 WIB, Begini Cara Daftarnya

Peminat Terbanyak

Universitas dengan peminat terbanyak itu masing-masing secara berurutan yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Universitas Padjajaran Bandung, dan Universitas Indonesia di Jakarta.

Sementara itu, dari 51.974 peminat SBMPTN UNS itu, 27.464 orang di antaranya meminati bidang sains dan teknologi (saintek]. Sedangkan 24.510 orang lainnya meminati sosial-humaniora (soshum).

“Saintek yang lolos 1.695 orang dan soshum yang lolos 1.732 orang. Untuk angka keketatan Saintek 1: 16 dan Soshum 1:14,” imbuh Jamal.

Sehari Tambah 12 Kasus Positif Covid-19 di Klaten, Termasuk Remaja Kembar Asal Polanharjo

Tak lupa Jamal mengucapkan selamat kepada peserta SBMPTN yang lolos UTBK di UNS Solo. “Saya mengucapkan selamat kepada peserta yang sudah lolos. Bagi yang belum lolos bisa mendaftar UNS melalui jalur Seleksi Mandiri [SM] UNS dengan menggunakan nilai UTBK [Ujian tertulis Berbasis Komputer] dari LTMPT itu. Alhamdulilah UNS masuk lima besar jumlah peminat terbanyak secara nasional dan masuk delapan besar dengan nilai UTBK nilai tertinggi bidang saintek secara nasional,” imbuhnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya


Kolom