SOLOPOS.COM - Bendera China-Jepang (google)

Bendera China-Jepang (google)

China (Republik Rakyat China) dan Jepang secara geografis dipisahkan oleh Laut China Timur. China telah sangat dipengaruhi Jepang dalam sistem tulisan, arsitektur, budaya, agama, filsafat dan hukum.

Promosi Indeks Bisnis UMKM BRI: Ekspansi Bisnis UMKM Melambat tapi Prospektif

Ketika negara-negara Barat memaksa Jepang membuka perdagangan pada pertengahan abad ke-19, Jepang bergerak menuju modernisasi (Restorasi Meiji) dan melihat China sebagai sebuah peradaban kuno.

Jepang memulai hubungan diplomatik dengan China pada 29 September 1972, setelah memutuskan hubungan secara resmi dengan Republik China. Hubungan antara China dan Jepang (Sino-Jepang) beberapa kali mengalami ketegangan dengan penolakan Jepang untuk mengakui perang di masa lalu sebagai kesalahan mereka.

Chinadan Jepang masing-masing merupakan kekuatan ekonomi kedua dan ketiga terbesar di dunia. Pada 2008, perdagangan China-Jepang tumbuh menjadi US$266,4 miliar, naik 12,5 persen dari 2007.

Kedua negara ini merupakan mitra dagang dua arah. Akhir-akhir ini hubungan kedua negara kembali tegang terkait sengketa pulau di Laut China Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya