SOLOPOS.COM - Peluncuran Falcon 1 (wikipedia.org)

Peluncuran Falcon 1 (wikipedia.org)

Falcon 1 adalah sistem peluncuran yang dirancang dan diproduksi oleh SpaceX, perusahaan transportasi ruang angkasa yang bermarkasdi Hawthorne,California. Roket dua-tahap-ke-orbit ini menggunakan bahan bakar oksigen cair LOX/RP-1 untuk kedua tahap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tahap pertama, Falcon 1 didukung mesin Merlin tunggal dan tahap kedua didukung mesin Kestrel tunggal. Falcon 1 merupakan roket berbahan bakar oksigen cair pertama yang dikembangkan oleh pihak swasta.

Peluncuran perdana Falcon 1 awalnya direncanakan pada pertengahan Desember 2005 dengan perkiraan anggaran US$6,7 juta. Namun Falcon 1 baru berhasil diluncurkan dan mencapai orbit pada upaya keempat pada 28 September 2008, dengan menggunakan simulatormassa sebagai muatan.

Dalam peluncuran kelima pada 14 Juli 2009, Falcon 1 berhasil mencapai satelit RazakSAT milik Malaysia di orbit, peluncuran ini merupakan peluncuran komersial pertama SpaceX. Setelah peluncuran kelima, Falcon 1 dipensiunkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya