28 November Hari Dongeng Nasional, Sudahkah Anda Mendongeng untuk Anak?

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak.

 Ilustrasi ibu bacakan dongeng ke anak. (FreepiK)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu bacakan dongeng ke anak. (FreepiK)

Solopos.com, SOLO-Pada Minggu (28/11/2021) diperingati sebagai Hari Dongeng Nasional. Tanggal 28 November dipilih bertepatan dengan hari lahir sosok multitalenta Pak Raden yang bernama asli Drs. Suyadi.

Hari Dongeng Nasional pertama kali dideklarasikan pada 28 November 2015 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang waktu itu dijabat oleh Anies Baswedan. Karakter Pak Raden dikenal luas terutama oleh anak-anak di seluruh Indonesia, lewat acara boneka populer di era 80-an, Si Unyil.

PromosiBPJS Ketenagakerjaan Klaim Bikin Masyarakat Makin Aman, Yakin?

Dilansir dari Antara, Minggu (28/11/2021), kala itu Anies menyampaikan, memperingati Hari Dongeng Nasional bertepatan dengan kelahiran Pak Raden. Anies ingun memastikan pesan-pesan figur pendongeng ternama itu tak lekang dimakan waktu.

Karakter Pak Raden di serial Si Unyil digambarkan sebagai pria Jawa berkumis tebal, memakai beskap hitam, blangkon serta tongkat dengan pegangan mirip gagang payung. Tokoh Pak Raden dalam Si Unyil digambarkan sebagai karakter pemarah dan pelit, memelihara burung perkutut dan berbakat di dunia seni lukis.

Baca Juga:  Lakukan Kebiasaan Baik Sebelum Tidur Ini Agar Anak Lebih Pulas

Ditayangkan di TVRI, Si Unyil dan kawan-kawannya adalah media yang menyampaikan pesan-pesan sarat nilai. Dongeng dinilai berperan besar dalam menjalin kedekatan antara orang tua dan anak.

Orang tua bisa menyampaikan pesan moral yang baik dengan cara menyenangkan dan tidak menggurui. Orang tua juga bisa menyelipkan nilai kebaikan di dalam cerita, melengkapi dengan alat bantu seperti gambar dan boneka tangan.

Mumpung Hari Dongeng Nasional, ketahui sejumlah manfaat kegiatan ini bagi anak. Dongeng pun bisa melatih pancaindra serta kemampuan emosi, merangsang kreativitas dan kecerdasan anak. Menurut psikolog anak Seto Mulyadi dalam webinar pendidikan beberapa waktu lalu, dongeng juga mendorong orangtua untuk bisa merangsang perkembangan anak.

Dongeng juga bisa untuk menjalin komunikasi antara orang tua dan anak, merangsang perkembangan bahasa, dan penanaman nilai-nilai baik. Pria yang akrab disapa Kak Seto ini menambahkan, mendongeng merupakan bagian dari pendidikan bersama antara anak dan orangtua, yang saling mencerahkan.

Baca Juga: Baby R Lahir, Nama Anggota Keluarga Raffi Ahmad Trending di Twitter

Pendongeng Gery Saleh Puraatmadja alias Paman Gery punya beberapa kiat dalam mendongeng, salah satunya kata ajaib seperti “pada suatu hari” sebagai pembuka alam imajinasi anak. Penting juga membuat variasi suara untuk menjelaskan karakter yang berbeda-beda, serta ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang membuat dongeng jadi lebih menarik.

Dongeng yang dibacakan oleh orang tua bisa menjadi sebuah kenangan manis untuk buah hati saat mereka dewasa. Indonesia memiliki aneka ragam dongeng Nusantara yang dapat menjadi inspirasi orangtua dalam bercerita kepada buah hatinya. Bagi orang tua yang ingin mendongeng untuk anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah meluangkan waktu untuk mendongeng.

“Harus benar-benar menyiapkan waktu, pilih cerita yang orangtua suka dan kira-kira sesuai dengan anak, lalu jangan terbebani sama nilai moral. Biasanya orang tua ingin menyampaikan nilai moral. Setelah itu, lakukan [mendongeng],” terang Mochamad Ariyo Faridh Zidni, pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Tanda-Tanda Pria Tidak Tulus Mencintai Perempuan

Ariyo menambahkan, orang tua tidak perlu memikirkan alat bantu dan berapa waktu yang akan dihabiskan untuk mendongeng. Kalau sudah menikmati, anak biasanya tak terpikir soal waktu. Lalu, bagaimana dengan ide cerita?

Ariyo menyarankan orang tua untuk banyak membaca agar mendapat ide menarik untuk cerita. Banyak membaca akan membentuk orang tua dalam hal cara bercerita karena punya kosa kata dan struktur kata lebih baik.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kegelapan Orde Baru, Tragedi Penembakan Misterius (Petrus) Ribuan Orang

+ PLUS Kegelapan Orde Baru, Tragedi Penembakan Misterius (Petrus) Ribuan Orang

Penembakan Misterius atau Petrus merupakan kasus yang terjadi antara 1982 hingga 1985 atau pada masa Orde Baru, era kepemimpinan Presiden Suharto, yang menyasar ribuan orang di Pulau Jawa dan Sumatra.

Berita Terkini

Mengenal Operasi Mengubah Suara Seperti Dijalani Lucinta Luna

Sekarang para transgender bisa mengubah suara mereka sesuai dengan identitas gender mereka yang baru seperti dilakoni Lucinta Luna.

Mi Instan Indonesia Mengandung Pestisida, Dilarang Beredar di Taiwan

Berita mengenai merek mi instan asal Indonesia dilarang beredar di Taiwan lantaran mengandung residu pestisida jadi viral.

Belajar dari Nathalie Holscher, Ini Kiat Jadi Orang Tua Tiri yang Baik

Belajar dari kasus Nathalie Holscher yang tidak harmonis dengan anak Sule Putri Delina, berikut ini kiat jadi orang tua tiri yang baik.

Begini Cara Memasak Daging Sapi agar Empuk

Ketahui cara memasak daging sapi agar cepat empuk.

Arti Mimpi Telanjang di Depan Umum, Apakah Pertanda Buruk?

Agar tidak khawatir berlebihan berikut ini arti mimpi telanjang di depan umum.

Niat Puasa Qada Ramadan, Bolehkah Digabung dengan Puasa Dzulhidjah?

Orang yang masih memiliki utang puasa Ramadan dianjurkan untuk segera membayar atau meng-qadha utang puasanya.

BRIN: Teknik Analisis Nuklir Bisa Atasi Stunting di Indonesia

BRIN mengatakan bahwa teknik analisis nuklir bisa digunakan untuk mengatasi masalah stunting di Indonesia.

Waspadai Dampak Negatif Pola Asuh Otoriter pada Anak

Waspadai dampak negatif pola asuh otoriter pada anak.

Suhu Panas di Arab Saudi, Waspadai Penyakit Kulit pada Jemaah Haji

Ketahui sejumlah penyakit kulit pada jemaah haji yang mungkin timbul di suhu panas.

Apakah Nanas Bisa Membuat Daging Empuk? Ini Penjelasannya

Nanas bisa membuat daging empuk, apakah ini mitos atau fakta?

Dituduh Jadi Pelakor, Arawinda Trending Topic di Twitter

Tidak sedikit warganet membahas Arawinda yang menjadi pelakor, alhasil nama artis tersebut jadi trending topic di Twitter.

Siapa Motivator JE yang Dibahas di Podcast Deddy Corbuzier?

Siapa sebenarnya motivator JE yang dibahas dalam podcast Deddy Corbuzier dan disebutkan menjadi pelaku pelecehan seksual dan pemerkosaan?

Dilakukan Besok Jumat, Ini Niat Puasa Tarwiyah

Berikut ini terdapat niat puasa Tarwiyah yang dilakukan pada tanggal 8 Zulhijah atau Jumat, 8 Juli 2022.

Mengulas Badal Haji Seperti yang Dilakukan Ridwan Kamil untuk Eril

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil belum lam ini berujar akan melakukan ibadah haji untuk mendiang anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril).

Bikin Kaget, Ini Arti Mimpi Terjatuh dari Ketinggian

Ketahui arti mimpi terjatuh dari ketinggian.

ACT Dibahas Warganet di Twitter, Begini Sejarah Aksi Cepat Tanggap

Menjadi bahasan warganet sehingga trending topic di Twitter, berikut ini sejarah Aksi Cepat Tanggap.