SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)--Sebanyak 28.405 ekor sapi miliki korban Merapi di tiga kecamatan di Kabupaten Boyolali terancam kekurangan pangan, menyusul belum disetujuinya usulan anggaran untuk penyediaan pakan ternak oleh pemerintah pusat senilai Rp 17 miliar. Peternak korban Merapi selama ini hanya mengandalkan bantuan pakan ternak dari sejumlah donator yang difasilitasi Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) setempat.

Kepala Disnakkan Kabupaten Boyolali Dwi Priyatmoko mengungkapkan dana bantuan pemerintah pusat yang cair sejauh ini sekitar Rp 1,7 miliar. Dari dana tersebut Rp 595 juta di antaranya digunakan untuk membeli 70 ekor sapi pengganti yang didistribusikan kepada peternak. Sisanya untuk keperluan lain mulai dari sewa kandang hingga pendistribusian sapi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sapi-sapi bisa kekurangan pangan karena anggaran pakan tidak disetujui, mau bagaimana lagi,” tutur Dwi kepada Espos, Kamis (9/12). Populasi sapi tersebut tersebar merata di Kecamatan Musuk, Selo dan Cepogo yang masuk dalam wilayah bencana Merapi.

Dwi menambahkan, sebelum bencana erupsi Merapi terjadi terdapat sekitar 41 hektare ladang yang rumputnya biasa diambil untuk pakan ternak. Namun awan panas Merapi alias ‘wedhus gembel’ telah menghanguskan ladang pakan ternak tersebut.

Kebutuhan anggaran Rp 17 miliar diestimasikan untuk mencukupi kebutuhan pakan ribuan sapi dalam sebulan. Peternak belum sepenuhnya bisa mengandalkan ladang mereka untuk mencari pakan karena meski pun debu vulkanik mulai terkikis hujan dan rumput mulai menghijaunamun jumlahnya belum mencukupi kebutuhan.

Dwi mengatakan beruntung ada sejumlah donatur yang terus memberikan bantuan pakan ternak dengan jumlah yang cukup banyak.

“Dari ISTI ada bantuan pakan ternak plus vitaminnya senilai Rp 50 juta,” tuturnya.

kha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya