SOLOPOS.COM - Kereta Api (KA) TGV di Stasiun Rennes, Prancis. (wikipedia.org)

Kereta Api (KA) TGV di Stasiun Rennes, Prancis. (wikipedia.org)

Train a Grande Vitesse (TGV) adalah kereta cepat Prancis yang dikembangkan Alstom dan SNCF. TGV dioperasikan oleh SNCF, Perusahaan Rel Nasional Perancis.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Kereta ini menghubungkan kota-kota di Prancis dan negara-negara tetangga, seperti Belgia, Jerman, dan Swiss. TGV atau kereta yang berdasarkan TGV juga beroperasi di Belanda, Korea Selatan, Spanyol, Inggris dan Amerika Serikat (AS).

TGV adalah kereta penumpang, namun ada juga yang digunakan untuk pengiriman surat antara Paris dan Lyon. Ide TGV kali pertama diusulkan pada 1960-an dengan prototipe pertama yang dikenal dengan TGV 001.

Namun pelayanan pertama TGV untuk umum baru dilakukan pada 27 September 1981 dengan jalur Paris-Lyon. TGV bukan kereta cepat pertama, karena Shinkansen Jepang yang menghubungkan Tokyo dan Osaka telah beroperasi sejak 1 Oktober 1964, hampir 17 tahun lebih awal dari TGV.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya