27 Laga Menang, AC Milan Telan Kekalahan Perdana dari Juventus
Juventus (JIBI/REUTERS/Massimo Pinca)

Solopos.com, JAKARTA--Juventus memaksa AC Milan menderita kekalahan perdana mereka di Liga Italia musim ini setelah memetik kemenangan 3-1 dalam lawatan ke Stadion San Siro, Rabu (6/1/2021) waktu setempat atau Kamis (7/1/2021) WIB.

Seperti dilansir dari laman resmi Liga Italia, Kamis, kendati merasakan kekalahan perdana dari 16 pertandingan mereka musim ini, Milan tetap menjaga posisi mereka di pucuk klasemen dengan koleksi 37 poin sebab rival sekotanya, Inter Milan (36) juga menelan kekalahan, sedangkan Juve (30) naik ke tempat keempat.

Bagi Milan, kekalahan tersebut sekaligus mengakhiri rentetan 27 pertandingan tanpa kekalahan di Liga Italia yang terhitung sejak musim lalu.

Tuan rumah Milan memiliki peluang terlebih dahulu saat Samu Castillejo melepaskan sepakan yang dapat ditahan kiper Wojciech Szczesny, namun Federico Chiesa balas mengancam melalui sepakannya yang membentur mistar gawang.

Namun Juventus justru membuka keunggulan pada menit ke-18. Chiesa bekerja sama satu-dua dengan Paulo Dybala, yang mengembalikan bola kepadanya dengan sepakan tumit dan sepakan menyudutnya melesak masuk ke gawang yang dikawal Gianluigi Donnarumma.

Rafael Leao mengancam melalui serangan balik, dengan melepaskan sepakan melambung. Aaron Ramsey kemudian nyaris mencetak gol bunuh diri saat ia berusaha mengantisipasi sepakan Hakan Calhanoglu, untuk membuat bola melambung dan memaksa Szczesny susah payah melakukan penyelamatan.

Upaya keras Milan untuk menyamakan kedudukan baru berbuah hasil pada menit ke-41. Calhanoglu menekel Adrien Rabiot di lini tengah untuk memicu serangan balik, Leao bergerak cepat di sisi kiri dan menggulirkan bola kepada Davide Calabria, yang melakukan penyelesaian indah dengan melesakkan bola ke sudut atas gawang.

Milan mengawali babak kedua dengan cukup baik, dan Szczesny harus menepis sepakan Diogo Dalot.

Tetapi Chiesa merestorasi keunggulan Juve pada menit ke-62. Ia bergerak memotong dari sisi kanan untuk melewati Theo Hernandez, dan melepaskan sepakan melengkung kaki kiri ke sudut bawah gawang. Setelah gol tersebut Chiesa merasa kram, dan harus digantikan Dejan Kulusevski.

Donnarumma melakukan penyelamatan bagus untuk menggagalkan peluang Weston McKennie, yang menerima umpan matang dari Cristiano Ronaldo.

Para pemain pengganti Juve bekerja sama apik untuk mengemas gol ketiga mereka. Kulusevski melewati Alessio Romagnoli di sisi kanan, dan mengirimkan bola kepada McKennie untuk dikonversi menjadi gol penutup.

Szczesny menggagalkan peluang milik Calhanoglu. Milan berusaha keras mengejar ketertinggalan sampai akhir melalui upaya solo Daniel Maldini dan permohonan penalti Brahim Diaz, namun Rossoneri harus menelan pil pahit kekalahan perdana mereka musim ini.

Manchester City Melaju Ke Final Piala Liga Seusai Lewati MU 2-0

Chiesa jadi Kunci

Pelatih Juventus Andrea Pirlo menyebut Federico Chiesa sebagai kunci penting kemenangan timnya saat menaklukkan pemuncak klasemen Liga Italia dengan skor 3-1, pada pertandingan yang dimainkan Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Chiesa menyumbang dua gol bagi Bianconerri pada laga kontra Milan. Namun bagi Pirlo, peran Chiesa lebih dari mencetak gol, Chiesa penting untuk merepotkan bek kiri Milan Theo Hernandez.

"Idenya adalah membuat dia (Hernandez) berada di bawah tekanan, dan tidak membiarkan dia maju ke depan sebagaimana yang biasanya ia lakukan, khususnya ketika ia harus berhadapan dengan pemain yang juga bagus dalam situasi satu lawan satu," kata Pirlo seperti dikutip Sky Sport Italia.

"Kami merekrut dia sehingga ia dapat mengawal orang di sepertiga akhir [lapangan], posisinya mungkin berubah, namun perannya tidak," tambahnya.

Kemenangan tersebut sekaligus mendongkrak Juve naik ke posisi keempat, dan kini hanya terpaut empat poin dengan Milan. Namun Pirlo menyatakan bahwa timnya lebih memikirkan kemajuan sendiri dibanding raihan tim-tim lain.

"Itu penting bagi kami, kami tidak tertarik dengan hasil-hasil tim di atas kami, kami berkonsentrasi pada kemajuan kami sendiri. Kita lihat saja dalam beberapa bulan lagi di mana kami berada," ujar mantan pemain Milan dan Juve tersebut.

Pirlo juga menyatakan berharap Paulo Dybala dapat mengembalikan kondisi fisik terbaiknya, setelah ia menjadi aktor penting dari gol pembukaan Juve dengan sepakan tumitnya.

"Kami hanya membutuhkan Dybala untuk kembali ke level kebugarannya, karena ia masih tidak berada dalam kondisi 100 persen. Ia masih memiliki beberapa masalah fisik, dan belum berada dalam kondisi terbaiknya sepanjang musim," ujarnya.

6 Zodiak Ini Diramal Menikah Pada 2021

Susunan pemain:

AC Milan (4-2-3-1): Gianluigi Donnarumma, Diogo Dalot (Daniel Maldini 81'), Simon Kjaer (Andrea Conti 81'), Alessio Romagnoli, Theo Hernandez, Davide Calabria (Pierre Kalulu 81'), Franck Kessie, Samuel Castillejo (Lorenzo Colombo 87'), Hakan Calhanoglu, Jens Petter Hauge (Brahim Diaz 67'), Rafael Leao
Pelatih: Stefano Pioli

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny, Danilo, Leonardo Bonucci, Matthijs de Ligt, Gianluca Frabotta (Merih Demiral 87'), Federico Chiesa (Dejan Kulusevski 63'), Rodrigo Bentancur (Arthur 74'), Adrien Rabiot, Aaron Ramsey (Federico Bernardeschi 74'), Paulo Dybala (Weston McKennie 63'), Cristiano Ronaldo
Pelatih: Andrea Pirlo



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom