Tutup Iklan

26.000 Ton Jagung Impor Masuk Lewat Jatim, Begini Pendistribusiannya

Jagung impor dari Brasil sebanyak 26.000 ton masuk ke Jawa Timur (Jatim). Rencananya jagung impor itu didistribusikan sebagai bantuan bagi peternak di berbagai daerah dari Kementerian Pertanian dan Bulog.

26.000 Ton Jagung Impor Masuk Lewat Jatim, Begini Pendistribusiannya

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jagung curah. (Bisnis-Paulus Tandi Bone)

Solopos.com, SURABAYA -- Jagung impor dari Brasil sebanyak 26.000 ton masuk ke Jawa Timur (Jatim). Rencananya jagung impor itu didistribusikan sebagai bantuan bagi peternak di berbagai daerah dari Kementerian Pertanian dan Bulog.

Kepala Divisi Regional Bulog Jatim, Muhammad Hasyim, mengatakan jagung impor itu tiba di Surabaya pada Rabu (23/1/2019) malam, dan hari ini atau Kamis (24/1/2019) langsung didistribusikan sebagai bantuan.

Rincian distribusi bantuan antara lain sebanyak 50 truk dikirim ke Bogor, 100 truk ke Kendal dan Jawa Tengah, dan 100 truk ke Blitar, Malang, serta beberapa daerah di Jatim.

"Dengan bantuan jagung ini kami harap para peternak di berbagai daerah tidak gelisah lagi, karena stok sudah ada," kata Hasyim saat ditemui dalam pelepasan bantuan jagung di Komplek Pergudangan Bumi Maspion Selatan Romokalisari, Surabaya, Kamis.

Jagung impor yang masuk ke Jatim itu, kata Hasyim, adalah bagian dari program impor 100.000 ton jagung selama 2018, tujuannya untuk menekan harga telur melalui bantuan pakan ternak yang murah.

Hasyim memastikan masuknya jagung impor ke Jatim ini juga tidak akan mengganggu keberadaan jagung dalam negeri, sebab keberadaan jagung dalam negeri sudah ada dan tidak terlalu banyak.

"Puncak panen jagung dalam negeri diperkirakan akhir Maret ini. Dan tidak akan saling mengganggu, karena keberadaan jagung impor sudah ada wilayah distribusinya," katanya.

Jagung impor tersebut dijual oleh Bulog dengan harga di bawah pasar sekitar Rp4.000, sedangkan harga pasar kisaran Rp5.600 sampai Rp5.700.

Hasyim menjelaskan, masuknya total 100 ribu ton jagung impor dari Brazil dilakukan secara bertahap, pada tahap pertama sebanyak 73 ton, dan telah tiba di Jakarta dan Surabaya pada Desember 2018.

Kemudian, saat ini kembali tiba sekitar 26 ribu ton dan langsung didistribusikan kepada petani yang membutuhkan dan telah didata sebelumnya. "Pendistibusian kami lakukan bersama Satgas pangan, dan diharapkan dengan masuknya jagung impor ini akan menekan harga telur yang sempat naik," katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Berita Terkait

Berita Terkini

Copa America 2021: Brasil Gilas Peru 4-0, Neymar 1 Gol

Brasil memuncaki klasemen sementara Grup A Copa America 2021 setelah menggilas Peru 4-0.

Percepatan Vaksinasi Bisa Tekan Angka Covid-19 di Kudus

Percepatan vaksinasi nasional termasuk di Kabupaten Kudus dinilai mampu  menekan laju penyebaran kasus positif Covid-19 di daerah setempat.

Covid-19 Serang 14 Nakes, RS Elisabeth Purwokerto Ditutup Sementara

RS Elisabeth Purwokerto terpaksa menutup sementara semua pelayanan selama sepekan lantaran 14 tenaga kesehatan mereka terpapar Covid-19.

Petani Selo Boyolali Tanam Bawang Merah dengan Bibit Biji, Panen Perdana Hasilkan 9-10 Ton/Ha

Keuntungan usaha tani bawang merah dengan bibit biji antara lain menurunkan biaya produksi, penyimpanan serta distribusi lebih mudah.

Klasemen Grup C setelah Belanda Jadi Tim Ketiga Lolos ke 16 Besar Euro 2020

Memphis Depay dan Denzel Dumfries menjadi aktor kemenangan Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Yamaha XSR 155 Jadi Andalan Sepeda Motor Harian dan Touring

Daya tarik XSR 155 kian melekat di hati konsumen Indonesia yang menjatuhkan pilihannya pada motor sport heritage itu.

Penting, Ini Tips Mendapatkan Review Bagus dari Pembeli di Tokopedia

Review pembeli sangat menentukan performa dan penjualan toko online di e-commerce, termasuk di Tokopedia.

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Pantai Samas Bantul, Ini Ciri-Cirinya

Mayat seorang pria paruh baya ditemukan di pinggir Pantai Samas Bantul. Belum diketahui identitas mayat tersebut.

Copa America: Pertahanan Kokoh, Venezuela Tahan Imbang Kolombia 0-0

Kolombia harus berbagi satu poin setelah bermain imbang 0-0 dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Goiania.

Proklim, Cara Pemkot Magelang Dukung Jateng Gayeng Telung Ng

Program Jateng Gayeng Telung Ng jadi perhatian Pemkot Magelang dengan gerakan Program Kampung Iklim (Proklim).

Lewat Online Shop Ini Anji Pesan Ganja, Tapi Jangan Coba-Coba Order

Ganja yang digunakan Anji dibeli dari AS melalui sebuah online shop. Ia menggunakan ID orang lain untuk bisa membelinya.