SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Sebanyak 26 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Semarang harus melakukan penghitungan ulang perolehan suara. Ke-26 TPS yang diperintahkan melakukan penghitungan ulang itu tersebar di 11 kecamatan yang ada di Kota Semarang.

“26 TPS yang melakukan penghitungan ulang itu karena memang ditemukan beberapa masalah sesuai ketentuan Pasal 374 ayat 2 UU No.7/2017 tetang Pemilu,” ujar Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Muhammad Amin, dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Kamis (25/4/2019).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Amin menyebutkan penghitungan ulang di 26 TPS itu terjadi menyusul adanya beberapa permasalahan. Problem itu antara lain ketidakcermatan petugas dalam mencantumkan angka terkait data pemilih, pengguna hak pilih, surat suara sah dan tidak sah, surat suara yang dikembalikan karena rusak, surat suara yan tidak digunakan hingga penjumlahan perolehan suara pasangan calon maupun partai politik.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dalam rekapitulasi tingkat kecamatan semua data yang tidak sinkron langsung dilakukan koreksi dengan dimasukkan pada formulir DAA 1 Plano tingkat kecamatan serta formulir lainnya disaksikan jajaran Panwaslu dan para saksi,” imbuh Amin.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Kota Semarang, Nining Susanti, mengatakan terkait rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan, pihaknya akan melakukan pengawasan hingga rekapitulasi yang dilakukan PPK selesai.

“Sampai hari ini, rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan se-Kota Semarang baru selesai di dua kecamatan, yakni Kecamatan Tugu dan Kecamatan Semarang Selatan,” ujar Nining.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya