SOLOPOS.COM - Kegiatan swab test PCR di kantor Balai Penyehatan Akibat Dampak Merokok di Kompleks Perkantoran Cangakan Karanganyar, Kamis (4/6/2020). (Solopos-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Sebanyak 26 sukarelawan mengikuti swab test atau tes swab PCR di kantor Balai Penyehatan Akibat Dampak Merokok di Kompleks Perkantoran Cangakan Karanganyar, Kamis (4/6/2020).

Para sukarelawan peserta tes swab Covid-19 di Karanganyar itu berasal dari berbagai organisasi dan kelompok, seperti BPBD, Senkom, PMI, Banser, Relawan Sambernyawa dan lain-lain.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Proses tes swab diawali dari pengambilan sampel darah kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sampel lendir di hidung dan tenggorokan.

Sebelum mengikuti tes swab, mereka telah mengikuti rapid test di Puskesmas Karanganyar, Rabu (3/6/2020).

Hasil Tes Swab Covid-19 SPG Solo Paragon Mall Sudah Keluar, Positif Atau Negatif?

Kabid Penunjang Medik dan Nonmedik RSUD Karanganyar, Katarina Iswati, menyampaikan pengambilan sampel darah dan lendir melalui tes swab dilaksanakan terhadap sukarelawan yang melakukan pemulasaraan jenazah selama pandemi Covid-19.

"Ini ditujukan kepada sukarelawan yang melakukan pemulasaran karena memang sering kontak erat dengan kasus Covid-19 yang meninggal dunia maupun kontak dengan meraka," ujar dia saat ditemui wartawan di sela-sela pelaksanaan.

Kakek Berusia 100 Tahun OTG Covid-19 Asal Sambirejo Sragen Jalani Tes Swab

Kegiatan tes swab itu, menurut diam diselenggarakan dalam rangka memberikan rasa nyaman. Sebab, para sukarelawan termasuk orang yang berisiko tertular Covid-19 juga berhubungan dengan banyak orang.

Menurut Katarina, seluruh sampel hasil tes swab akan dikirim ke laboratorium di RS UNS.

Informasi yang dihimpun hingga pukul 10.17 WIB, hanya 23 orang hadir dan akan melaksanakan swab test PCR. Sebanyak tiga orang lainnya belum diketahui keberadaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya