SOLOPOS.COM - ilustrasi

KULONPROGO—Festival Durian Menoreh digelar di Pasar Bendo Desa Banjaroya Kecamatan Kalibawang, Sabtu pagi. Sebanyak 26 kelompok tani durian mengirimkan durian unggulan mereka untuk memperebuutkan pemenang sebagai durian unggulan Menoreh.

Dari ratusan buah durian yang ikut kontes, hasilnya diperoleh Juara Pertama Durian Unggulan yakni milik Susilo Hari Basuki dari Kelompok Mamrih Subur Dusun Kajoran, juara kedua milik Sonalan dari kelompok Ngudi Makmur Dusun Slanden dan juara ketiga milik Walmuji Kelompok Ngudi Rahayu Dusun Slanden.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Susulo Hari Basuki mengungkapkan durian yang ia ikutkan kontes berasal dari pohon di kebunnya. Ia mengaku tidak mengetahui pasti asal pohon tersebut, namun selama ini dirawatnya secara sederhana dengan memupuk dan mennyiangi secara berkala. Pohon itu berusia sekitar 20 tahun.

Adapun buah yang dihasilkan berciri buah tidak terlalu besar untuk ukuran durian lokal, namun daging buah tebal, berwarna kuning dengan rasa manis legit.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan durian unggulan pemenang kontes ini akan dikembangkan untuk diperbanyak. “Ini menjadi modal untuk mengenalkan produk durian kepada masyarakat mendatang khususnya Kulonprogo,” ungkapnya, saat pennyambutan.

ilustrasi

Kepala Dinas Pertanian Provinsi DIY Nanang Suwandi mengatakan dengan memiliki durian unggulan, maka pengembangan ke depan perllu penataan dari mulai pembibitan hingga stabilitas produksi. “Harus ada manajemen yang baik untuk stabilitasi produk hasil pertanian ini,” katanya. (HARIAN JOGJA/Nina Atmasari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya