SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA: Pemprov DIY mengusulkan 26 bangunan yang sebagian besar berada di Kotagede menjadi bangunan cagar budaya.

“Salah satunya Langgar Duwur, itu bagian dari keunikan Kotagede karenanya diusulkan jadi cagar budaya,” jelas Djoko Dwiyanto, Kepala Dinas Kebudayaan DIY, di sela-sela Lawatan Sejarah Regional 2011, Senin (13/6).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Usulan penetapan cagar budaya, lanjut dia, bertujuan agar objek memiliki dasar hukum. Keberadaan dasar hukum penting untik menjamin keberlangsungan perawatan dan pemeliharaan. “Pemugaran dan perbaikan bisa didanai sharing dengan daerah bila dasar hukum ada,” imbuhnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain menguraikan soal usulan penetapan bangunan cagar budaya, ia juga memaparkan sebanyak 20 dari 91 bangunan yang termasuk heritage dan mempunyai struktur unik di Kotagede sudah dipugar. Masih ada 71 bangunan lain yang belum dipugar. Sebagian dalam kondisi baik, namun ada pula yang perlu diperbaiki.

“Tahun ini kami memugar satu rumah joglo karena dana terbatas, sebenarnya kami menunggu juga sharing daerah,” tambahnya. Selain rumah, pihaknya juga memugar Masjid Kronggahan, Wotgaleh dan Jejeran yang juga tergolong cagar budaya.

Djoko menguraikan, penataan tersebut diharapkan mampu mendorong dinamika ekonomi masyarakat setempat, terlebih bila bangunan cagar budaya seperti Joglo bisa digunakan sebagai homestay seperti yang dicanangkan Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X.

Christriyati Ariani, Kepala Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Jogja, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) menambahkan, pelestarian warisan budaya penting agar nilai sejarah tidak terlupakan. Jika bentuk dan fisik bangunan ada, pembelajaran sejarah diharapkan lebih menarik.

“Belajar secara langsung, melihat warisan budaya akan memperkaya pola pembelajaran yang biasanya hanya membaca dan menghafal,” urai Cristriyati. “Sebab itu pelestarian fisik cagar budaya penting.”(Harian Jogja/Miftahul Ulum)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya