Ribuan botol minuman keras dimusnahkan menggunakan alat berat di halaman Mapolres Madiun, Jumat (21/12/2018). (Solopos-Abdul Jalil)

Madiunpos.com, MADIUN -- Sebanyak 2.500 liter minuman keras (miras) berbagai jenis dimusnahkan di markas Polres Madiun, Jumat (21/12/2018) pagi. Miras tersebut merupakan hasil operasi selama 2018 dan operasi rutin yang dilakukan petugas.

Ribuan botol miras yang sebagian besar berisi jenis arak jowo itu dimusnahkan dengan cara digilas menggunakan alat berat. Ribuan liter minuman haram itu pun membanjiri halaman mapolres. Bau alkohol tercium sangat pekat selama proses pemusnahan.

Kapolres Madiun AKBP Ruruh Wicaksono mengatakan hasil operasi selama Januari-Desember 2018 ini mendapatkan sekitar 2.500 liter miras. Miras ini sebagian besar yaitu arak jowo yang mencapai 2.205 liter. Selain itu ada juga vodka, wiski, dan lainnya.

"Ini hasil operasi selama setahun terakhir di semua jajaran di seluruh polsek," ujar dia kepada wartawan.

Ruruh menuturkan sebagian besar barang haram ini didapat dari wilayah Jawa Tengah. Sejauh ini, polisi belum menemukan produsen miras dari wilayah Madiun.

Minuman beralkohol ini disita dari sejumlah tempat hiburan malam, warung, maupun perorangan. "Ada juga yang disita dari pengendara yang melintas di wilayah Madiun," ujar Ruruh.

Dari ribuan liter miras ini diambil dari sejumlah tersangka. Sebagian tersangka juga telah diadili dengan pasal tindak pidana ringan.

"Kami berharap ada kerja sama dari masyarakat untuk melaporkan kalau ada peredaran miras di wilayahnya. Karena untuk memberantas miras, kami tidak bisa bekerja sendirian," jelas dia.



Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten