250 Kereta Pesanan Bangladesh Rampung, Kini Inka Kejar Proyek Ini
PT Inka mengirim kereta pesanan Bangladesh menggunakan truk untuk menuju dermaga Tanjung Perak Surabaya, Kamis (24/9/2020). (Istimewa/PT Inka)

Solopos.com, MADIUN -- Seluruh pesanan kereta dari Bangladesh telah terselesaikan oleh PT Industri Kereta Api (Inka) di Madiun. Pesanan itu sebanyak 250 kereta penumpang.

Pengiriman batch kereta ekspor ke Bangladesh oleh PT Inka berlangsung pada Kamis (24/9/2020). Dari 250 kereta tersebut rinciannya yaitu 200 kereta tipe MG (meter gauge) dan 50 kereta tipe BG (broad gauge).

Untuk pengiriman 50 kereta BG terlaksana pada awal tahun 2019.

Termasuk Indonesia, Ini 3 Negara Prioritas Peroleh Vaksin Sinovac

General Manager Perencanaan Operasi dan Penyediaan Jasa (POPJ) PT Inka, Suwun Setyanto, mengatakan pengiriman kali terakhir ini merupakan bagian dari batch ke-9 sebanyak 20 kereta. Sedangkan untuk tujuh batch yang lain telah terkirim dan dioperasikan oleh Bangladesh Railway.

“Kita sedang melakukan pengiriman batch terakhir atau batch 9 dari proyek 200 kereta jenis MG ke Bangladesh. Yang ini adalah kelanjutan dari 50 BG sebelumnya. Ada delapan batch yang telah dikirimkan. Dengan tujuh batch sebelumnya sudah dioperasikan dan batch 8 saat ini masih dalam proses commissioning di sana,” kata dia, Jumat (25/9/2020).

Suwun memperkirakan sebanyak 20 kereta yang masuk dalam batch ke-9 ini dapat berangkat dari Dermaga Jamrud Tanjung Perak pada tanggal 8 Oktober 2020 dan akan tiba di Chittagong Port pada tanggal 17 Oktober 2020.

Hari Ini Dalam Sejarah: 26 September 1950, Korea Selatan Kuasai Seoul

Setelah merampungkan proyek ini, kata dia, PT Inka saat ini sedang mengejar proyek berikutnya di Bangladesh yaitu pembuatan kereta sebanyak 200 BG.

“Mudah-mudahan bisa kita raih sehingga bisa menjadi pekerjaan berikutnya dari Inka," ujar Suwun Setyanto.

Pemenang Tender Pengadaan Kereta

Dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kelancaran proyek ini mulai dari tim internal di Inka group. Juga kepada semua vendor dan supplier yang mendukung proyek ini.

"Mudah-mudahan proyek ini menjadi sesuatu yang bisa kami persembahkan dari Inka dari Madiun untuk ekonomi global yang tidak menguntungkan saat ini,” katanya.

Ini Cawabup Paling Tajir di Klaten, Harta Kekayaan Senilai Rp7,2 Miliar

PT Inka merupakan pemenang tender dalam pengadaan 250 kereta penumpang untuk Bangladesh Railway pada 2017 dengan total nilai kontrak sebesar 100,89 juta dolar AS.

Sebelumnya, pada tahun 2016 PT Inka juga telah mengeskpor 150 unit gerbong dengan nilai kontrak senilai 72,39 juta dolar AS. Sedangkan pada tahun 2006, PT Inka juga pernah mendapatkan proyek dari Bangladesh berupa 50 unit kereta dengan nilai kontrak 13,8 juta dollar AS.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom