SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

YOGYAKARTA– Indonesia memiliki kekayaan anggrek alam yang sangat melimpah karena sekitar 5.000 dari 20.000 spesies di seluruh dunia terdapat di negeri ini.

“Biodiversitas Indonesia yang tinggi itu memungkinkan untuk mengeksplorasi seluas-luasnya. Saat ini masih banyak anggrek lokal yang berpotensi besar tetapi belum tereksplorasi,” kata Ari Indrianto, Kepala Laboratorium Bioteknologi Fakultas Biologi UGM itu di Yogyakarta, Sabtu.(6/10/2012)
Menurutnya, variasi anggrek dapat dihasilkan dari persilangan membentuk anggrek hibrida. Persilangan itu memungkinkan penganggrek untuk memadukan dan menghimpun sifat unggul dari dua tanaman atau lebih ke dalam suatu tanaman anggrek sehingga diperoleh anggrek baru yang unik.
“Di Indonesia kepedulian masyarakat terhadap budi daya anggrek masih rendah sehingga untuk kebutuhan perdagangan, masyarakat cenderung mengambil secara liar dari alam. Hal itu menyebabkan penurunan populasi anggrek di alam dan mengancam kelestariannya,” katanya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menambahkan kondisi itu memprihatinkan sehingga upaya penyediaan bibit dari hasil budi daya menjadi prioritas utama yang harus dilakukan.
Namun, katanya, budi daya anggrek secara konvensional hanya menghasilkan bibit yang sedikit dalam waktu yang lama.

“Penyediaan bibit dalam jumlah banyak dan waktu yang relatif singkat dapat dilakukan dengan menggunakan teknik kultur ‘in vitro’. Namun, penyelenggaraan teknik ‘in vitro’ memerlukan sarana dan prasarana khusus sehingga tidak semua orang dapat melakukannya,” papar Ari.

Peneliti UGM Aries Bagus Sasongko menambahkan  Yogyakarta  merupakan salah satu sentra perdagangan anggrek. Para pedagang di wilayah itu biasa mengambil bibit dari daerah lain karena hanya sedikit yang bisa menjual bibit.

“Kondisi tersebut menjadikan penyediaan bibit anggrek botol yang berkualitas menjadi suatu peluang yang menggiurkan. Kemasan merupakan salah satu faktor yang menentukan dalam penjualan,” katanya.
Menurutnya, kemasan yang baik mempercantik produk yang dijual dan menambah daya jual suatu produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya