SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA-Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Mergangsan menyelenggarakan Festival Takbir Keliling Kecamatan Mergangsan Idul Fitri 1432 Hijriah di Jogja, Senin (29/8) malam. Festival ini diikuti 25 kontingen dari berbagai wilayah Kota Jogja seperti Bugisan, Mergangsan, Mantrijeron serta Ngampilan.

Ketua panitia kegiatan Muhammad Iqbal Hardiyan dalam sambutannya mengatakan acara ini bertema “Indonesia Bertakbir”. Tema ini diambil karena ketika teks proklamasi Indonesia dibacakan pada 17 Agustus 1945 bertepatan dengan bulan Ramadan.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

“Takbir keliling merupakan dakwah atau syiar pada zaman modern,” kata Muhammad Iqbal ketika memberikan sambutan. Menurut Iqbal, setiap kontingen terdiri dari 80-100 peserta. Usia para peserta beragam mulai dari anak-anak, remaja hingga orangtua.

Rute takbir keliling ini dimulai dari Museum Perjuangan di Jalan Kolonel Sugiono-Pojok Beteng Wetan-Jalan Parangtritis-Perempatan Menukan (Jogokariyan) dan selesai di SD Muhammadiyah Karangkajen.

Festival takbir keliling ini juga sekaligus merupakan suatu perlombaan. “Pengumuman lombanya setelah acara ini sekitar pukul 23.00 WIB. Penyerahan hadiahnya setelah salat Idulfitri di depan SD Pujokusuman,” kata Iqbal.

Selain ditonton ratusan warga, festival takbir keliling ini juga dihadiri unsur Muspika Mergangsan seperti Kepala Kepolisian Sektor Mergangsan, Camat Mergangsan Marjuki, calon walikota Jogja Hanafi Rais, Wakil Walikota Haryadi Suyuti serta calon wakil walikota Jogja Aulia Reza Bastian.(Harian Jogja/YOY)

Ilustrasi foto: pondoktremas.com

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya