SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasien virus corona. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO – Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Nguter, Sukoharjo dinyatakan sembuh setelah menjalani rawat inap selama 74 hari atau dua setengah bulan di RSUD dr Moewardi Solo.

Pria berusia 48 tahun ini merupakan pasien Covid-19 terlama yang dirawat di rumah sakit tersebut. Kini, pasien positif Covid-19 asal Nguter, Sukoharjo, telah diizinkan pulang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Serah terima pasien dilakukan Direktur RSUD dr Moewardi, Dr. dr. Cahyono Hadi, Sp.OG didampingi Wakil Direktur Pelayanan kepada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sukoharjo pada Rabu (17/6/2020).

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, mengatakan pasien asal Kecamatan Nguter ini merupakan pasien rujukan dari RSUD Sukoharjo ke RS Moewardi pada 3 April 2020.

Jarang Disorot, Ini Sosok Dian Ekawati Istri Didi Kempot

Saat itu pasien yang merupakan pemudik dari Surabaya ini dirawat di RSUD Sukoharjo pada pada 1 April 2020 karena batuk.

"Kemudian kita rapid test positif, dan dirujuk ke RSUD Dr Moewardi tanggal 3 April dan hasilnya saat itu di tes swab terkonfirmasi positif Covid-19," kata Yunia kepada Solopos.com.

Pasien kemudian dirawat di ruang Isolasi RSUD Dr Moewardi selama dua setengah bulan. Pasien ini, kata Yunia, merupakan yang terlama menjalani rawat inap di rumah sakit.

Heboh Babi Hutan Aneh di Banyumas: Kakinya Berjari, Suka Makan Nasi dan Minum Kopi

Metode Pengobatan

Bahkan pasien pernah mengalami gagal napas tetapi berangsur-angsur membaik. Metode pengobatan yang dilakukan terhadap pasien adalah pemberian transfusi plasma konvalesen.

"Saat ini pasien sudah dinyatakan sembuh, tidak ada gejala serta hasil pemeriksaan swab negatif," katanya.

Yunia mengatakan pasien positif Covid-19 asal Nguter tersebut sudah dipulangkan dan diwajibkan menhalani karantina mandiri selama 14 hari ke depan.

Permintaan Tinggi, Toko Sepeda di Sragen Kewalahan: Pagi Barang Datang, Siang Ludes

Selain dari Nguter, satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 asal Baki yang dirawat di RSUD Ir Soekarno juga dinyatakan sudah sembuh.

Saat ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit ada empat orang. Sedangkan yang dikarantina mandiri ada 18 pasien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya