Petani Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung panen bawang putih. (Antara-Heru Suyitno)

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Sebanyak 24 kelompok tani di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah menjadi penangkar bawang putih dan dinyatakan dinas pertanian setempat berhak melayani permintaan benih bawang putih.

Kepada Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung Sigit Sulistyo Budi di Temanggung, Senin (6/5/2019), mengatakan sejumlah kelompok tani tersebut telah memiliki sertifikat dari Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih. Ia menuturkan dari 24 kelompok tani tersebut, 22 kelompok tani sudah berjalan, sedangkan dua kelompok tani lainnya baru saja mendaftar.

Ia mengatakan dengan adanya penangkar bersertifikasi tersebut, mereka bisa melayani permintaan benih dari luar Temanggung. Penangkar yang mendapat sertifikasi dari BPSB tersebut sebelumnya telah dicek di lapangan kalau memang cocok maka diberi label sertifikasi.

Sigit menuturkan dari sejumlah kelompok tani penangkar, hingga bulan Maret 2019 bisa menyiapkan sekitar 1.100 ton benih bawang putih. "Kemungkinan sekarang lebih banyak lagi karena sudah banyak yang panen. Kemampuan kelompok menyediakan benih berbeda-beda karena keterbatasan gudang," katanya.

Ia mengatakan pengembangan bawang putih di Kabupaten Temanggung tahun 2019 yang mendapat bantuan dari APBN seluas 690 ha. Pengembangan budi daya bawang putih di Kabupaten Temanggung tersebar di 17 kecamatan di sekitar lereng Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Perahu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten