Tutup Iklan

223 Warga Kena DBD, Tulungagung Belum Tetapkan Status KLB

Jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, saat ini mencapai 223 orang. Meski demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung belum menetapkan status kejadian luar biasa (KLB).

223 Warga Kena DBD, Tulungagung Belum Tetapkan Status KLB

SOLOPOS.COM - Ilustrasi fogging. (Solopos-Moh. Khodiq Duhri)

Solopos.com, TULUNGAGUNG -- Jumlah penderita demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, saat ini mencapai 223 orang. Meski demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulungagung belum menetapkan status kejadian luar biasa (KLB).

"Memang terjadi lonjakan [kasus]. Namun kami belum akan menetapkan status KLB," kata Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung Didik Eka di Tulungagung, Selasa (22/1/2019).

Didik Eka menerangkan alasan tidak terburu-buru menetapkan status KLB, yakni kuantitas kasus yang belum berlipat dua kali dibanding tahun sebelumnya. Selain itu, ungkap dia, selama kurun Januari 2019 tidak ada kasus penderita yang meninggal karena DBD.

"Kami masih fokus pada pengendalian dan penanganan intensif melalui gerakan pengasapan dan PSN [pemberantasan sarang nyamuk]," ujarnya.

Didik menjelaskan Tulungagung pernah menetapkan KLB dalam penanganan kasus DBD, yakni pada Januari 2014 dengan jumlah sekitar 382 kasus DBD. Dia menjelaskan salah satu pertimbangan untuk menetapkan KLB kembali, jumlah penderita harus dua kali lipat dari periode pertama ditetapkannya KLB.

Didik menuturkan walaupun saat ini tidak ada pernyataan KLB, pihaknya tetap memberlakukan seperti KLB karena jumlah kasus DBD meningkat siginifikan. "Artinya, penanganan lebih intensif terhadap masyarakat. Semoga saja tidak terjadi KLB nantinya," ujarnya.

Lebih lanjut Didik menjelaskan banyaknya temuan pasien positif DBD ini dipicu oleh perubahan cuaca yang terjadi saat ini dari kemarau ke hujan. Apabila tidak diantisipasi, pihaknya yakin jumlah pasien akan terus bertambah.

"Ini karena anomali cuaca, tahun kemarin di bulan Januari yang meninggal tidak ada dengan temuan kasus sebanyak 11, kalau untuk perbandingan di tahun ini di Kediri kematian sampai 9 pasien," katanya.

Didik mengungkapkan pihaknya tetap melakukan fogging ketika menemukan penularan di masyarakat, dengan radius fogging atau pengasapan 200 meter dari temuan lokasi warga yang positif DB.

Sepanjang tahun kemarin saja telah dilakukan 122 kali pengasapan di 30 lokasi yang ditemukan penularan DB, terutama di 4 kecamatan yang banyak terjadi temuan DB yakni di kecamatan Tulungagung, Kedungwaru, Boyolangu, dan Ngantru.

"Kami sudah melakukan pengasapan di 30 titik yang tersebar di empat kecamatan, karena disana ditemukan yang positif dan penularan," ujarnya.

Didik mengakui, tindakan pengasapan yang dilakukan hanya akan membunuh nyamuk dewasa, sedangkan jentik-jentik nyamuk di dalam wadah berisi air masih tetap hidup, oleh sebab itu diperlukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) sehingga nyamuk ukuran besar sampai jentik-jentik bisa dibasmi.

"Untuk memberantas itu tetap perlu PSN, sebab jentik-jentik nyamuk itu tidak mati kalau di-fogging," katanya.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Jaring Akseptor Baru dan Makan Gratis di Warung KB Blora

Blora punya Warung KB sebagai media sosialiasi program Keluarga Berencana (KB) dan membumikan budaya berbagi di masa pandemi Covid-19.

Lirik Lagu Akhire Pisahan Versi Happy Asmara

Di bawah ini terdapat lirik lagu Akhire Pisahan versi penyanyi Happpy Asmara yang baru saja dirilis pada Rabu, 16 Juni 2021.

Covid-19 Mengkhawatirkan, Mabes Polri dan TNI Kirim Pasukan Bantu Perketat PPKM di Madiun

Mabes Polri dan TNI terjunkan pasukan gabungan untuk memperketat PPKM di Kabupaten Madiun dan Bangkalan yang kini jadi zona merah penyebaran Covid-19.

Copa America: Unggul 4 Gol Tanpa Balas, Brazil Terlalu Kuat untuk Peru

Brazil masih terlalu perkasa untuk Peru setelah mereka menang 4-0 dalam laga Copa America 2021 di Nilton Santos Stadium atau Olympic Stadium.

Panen Bersama di Madiun, Mentan dan Menko PMK Dorong Industri Pengolahan Porang

Mentan mendorong industri pengolahan komoditas porang terutama industri olahan yang siap ekspor.

Copa America 2021: Brasil Gilas Peru 4-0, Neymar 1 Gol

Brasil memuncaki klasemen sementara Grup A Copa America 2021 setelah menggilas Peru 4-0.

Percepatan Vaksinasi Bisa Tekan Angka Covid-19 di Kudus

Percepatan vaksinasi nasional termasuk di Kabupaten Kudus dinilai mampu  menekan laju penyebaran kasus positif Covid-19 di daerah setempat.

Covid-19 Serang 14 Nakes, RS Elisabeth Purwokerto Ditutup Sementara

RS Elisabeth Purwokerto terpaksa menutup sementara semua pelayanan selama sepekan lantaran 14 tenaga kesehatan mereka terpapar Covid-19.

Petani Selo Boyolali Tanam Bawang Merah dengan Bibit Biji, Panen Perdana Hasilkan 9-10 Ton/Ha

Keuntungan usaha tani bawang merah dengan bibit biji antara lain menurunkan biaya produksi, penyimpanan serta distribusi lebih mudah.

Klasemen Grup C setelah Belanda Jadi Tim Ketiga Lolos ke 16 Besar Euro 2020

Memphis Depay dan Denzel Dumfries menjadi aktor kemenangan Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Yamaha XSR 155 Jadi Andalan Sepeda Motor Harian dan Touring

Daya tarik XSR 155 kian melekat di hati konsumen Indonesia yang menjatuhkan pilihannya pada motor sport heritage itu.

Penting, Ini Tips Mendapatkan Review Bagus dari Pembeli di Tokopedia

Review pembeli sangat menentukan performa dan penjualan toko online di e-commerce, termasuk di Tokopedia.