SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, BLITAR — Pembuatan paspor untuk 2.164 calon haji (calhaj) dari Kabupaten/Kota Blitar serta Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, yang akan berangkat pada musim haji 2019 telah rampung.

“Jumat (22/2/2019) lalu itu pengurusan terakhir untuk tiga daerah. Alhamdulillah semua bisa selesai lebih cepat, berkat kolaborasi, kerja sama yang baik, ” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Blitar Muhammad Akram di Blitar, Rabu (27/2/2019).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mengungkapkan jemaah calon haji asal Kabupaten Blitar yang dibuatkan paspor sebanyak 676 orang, Kota Blitar sebanyak 160 orang dan Kabupaten Tulungagung sebanyak 1.328 orang, sehingga totalnya adalah 2.164 orang.

Namun, Akram menambahkan, jumlah teesebut masih belum termasuk dari kalangan calhaj lanjut usia karena kantor imigrasi masih menunggu keputusan dari kementerian agama untuk jemaah calon haji dari lansia.

Dia mengungkapkan pengurusan berkas paspor untuk jemaah calon haji itu dilakukan dalam kurun waktu sekitar satu bulan. 

“Jadi ada terobosan yang kami lakukan, inovasi sambang haji. Pemeriksaan administrasi di kantor kementerian termasuk pelayanan foto dan sidik jari pada calon di tempat yang telah disediakan oleh kemenag. Ini adalah upaya kami untuk memberikan pelayanan terbaik,” kata dia.

Untuk kendala, Akram mengaku saat ini belum ada kendala berarti. Ke depan, kantor imigrasi juga tetap memberikan pelayanan terbaik termasuk akan jemput bola untuk pelayanan jamaah calon haji yang sudah masuk kategori lanjut usia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blitar Suhadi mengatakan pelayanan pengurusan paspor pada tahun ini lebih baik, terlebih lagi dari kantor imigrasi melakukan jemput bola, di mana jemaah calon haji dikumpulkan di kantor kementerian agama.

“Ini inovasi, tahun lalu belum. Namun, sebelumnya jemaah calon haji juga diberi sosialisasi tetang pengurusan paspor dan responsnya bagus,” ujar dia.

Suhadi mengatakan pengurusan paspor untuk jemaah calon haji 2019 asal Kabupaten Blitar yang sudah selesai sebanyak 676 orang, belum termasuk calhaj lansia. Dia memperkirakan jumlah calhaj lansia sekitar 100 orang.

Sementara itu, terkait dengan pelunasan biaya haji, hingga kini Kementerian Agama Kabupaten Blitar masih menunggu keputusan dari pusat. Jika sudah diputuskan, nantinya akan diinformasikan pada jamaah calon haji untuk pelunasan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya