21 Tahun Demokrasi dan HAM Tak Seimbang

Komnas HAM menilai selama 21 tahun reformasi, demokrasi dan HAM di Indonesia belum berjalan beriringan dan belum seimbang.

21 Tahun Demokrasi dan HAM Tak Seimbang

SOLOPOS.COM -

Solopos.com, JAKARTA — Komnas HAM menilai selama 21 tahun reformasi, demokrasi dan HAM di Indonesia belum berjalan beriringan dan belum seimbang.

Menurut anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Amiruddin, dalam diskusi bertajuk Masa Depan Demokrasi dan HAM di Indonesia, hingga kini demokrasi di Indonesia belum membawa HAM berkembang dengan baik.

“Selama 20 tahun reformasi, demokrasi dan HAM ini jalannya belum seimbang. Proses demokrasi yang berjalan saat ini belum bisa menjadikan HAM berkembang lebih baik. Ini bisa kita lihat dari banyak peristiwa yang belum bisa diselesaikan,” kata Amir di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).

Ia juga mengatakan bila proses demokrasi dapat berjalan dengan baik, dampak baik tersebut juga segera berimbas pada penyelesaian persoalan HAM yang belum bisa diselesaikan. Keterkaitan antara demokrasi dan HAMmengharuskan masyarakat tetap waspada terhadap gagasan-gagasan yang antidemokrasi.

Amir menjabarkan sikap yang termasuk dalam gagasan tersebut seperti toleransi terhadap kekerasan, sikap yang membatasi kebebasan sipil, serta pembatasan kebebasan media. Begitu demokrasi macet, HAM adalah hal pertama yang akan anjlok.

Berita Terkait

Berita Terkini

Polri Jawab Seruan Demo Jokowi End Game dengan Ancaman

Polri merespons seruan demo bertajuk Jokowi End Game dengan ancaman sanksi tegas pengamanan kalau dianggap mengganggu,

Mundurnya Rektor UI dari Wakil Komut BRI Dipuji Kalangan DPR

Kalangan DPR memuji langkah Rektor Universitas Indonesia atau UI Ari Kuncoro mundur dari jabatan wakil komut Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Bantuan Sosial Jateng Akhirnya Cair dalam Program Keluarga Harapan

Setelah tertunda tanpa kepastian jelas, Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan atau bansos PKH Jateng akhirnya dinyatakan bakal dicairkan.

Alumni Kirimi Rektor UI Karangan Bunga, Pesannya Bikin Ngakak

Deretan karangan bunga membanjiri kampus Universitas Indonesia dengan ucapan sindiran bagi Rektor UI yang ucapannya bikin ngakak.

Jokowi Bilang Bantuan Beras PPKM Tak Usik Stok Pangan

Presiden Jokowi memastikan bantuan beras yang dikucurkan pemerintah PPKM tidak akan mengganggu stok pangan nasional.

Begini Cuci Tangan Shopee Indonesia soal Demo Tolak PPKM

Shopee Indonesia menegaskan tidak terlibat dalam rencana demo tolak PPKM yang digagas pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Begini Reaksi Jokowi saat Obat Covid-19 di Apotek Habis

Sebuah video menunjukkan Presiden Joko Widodo alias Jokowi melakukan sidak ke apotek dan mengetahui obat Covid-19 di apotek habis.

Mitra Ojol Rancang Demo Tolak PPKM, Operator Cuci Tangan

Mitra operator aplikasi ojek online dikabarkan merancang demo menolak PPKM namun operator aplikasi transportasi online cuci tangan.

Zodiak Ini Sulit Menerima Perpisahan

Tidak semua hubungan berakhir dengan bahagia, namun, astrologi barat menengarai ada insan dengan zodiak yang sulit menerima perpisahan.

Karyawan Hotel & Restoran di Garut Dapat Bansos

Karyawan hotel dan restoran anggota PHRI di Garut mengibarkan bendera putih setelah terdampak PPKM dan mulai menerima bantuan sosial nasional.

Korban Tewas Banjir di China Jadi 51 Orang

Warga terdampak bencana alam di Republik Rakyat Tiongkok semakin transparan, padahal topan disertai hujan dan banjir masih mengancam China.

Api Olimpiade Tokyo 2020 Sudah Menyala, Ini Jadwal Atlet Indonesia Sabtu 24 Juli

Petenis asal Jepang dan juara empat kali Grand Slam, Naomi Osaka, dipercaya menjadi penyulut api Olimpiade Tokyo 2020.