SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta— Wakil Presiden (Wapres) Boediono hari ini memberikan ceramah di almamaternya di Balai Senat Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Kedatangan Boediono di kampus langsung disambut demo ratusan mahasiswa.

Unjuk rasa itu dilakukan  anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UGM dan massa Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Yogyakarta. Mereka menggelar aksi di Bundaran UGM dekat pintu masuk kampus, Senin (3/5).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun para mahasiswa ini tidak bisa mendekat ke lokasi acara, karena semua pintu masuk sudah dijaga ratusan aparat TNI dan Polri lengkap dengan mobil water canon. Pintu gerbang utama kampus di boulevard juga dijaga oleh SKK UGM dan polisi.

Dalam orasinya massa mengecam kedatangan Boediono di kampus UGM. Mereka menuntut mundur Boediono dari jabatan wapres karena kasus Bank Century. Hal itu dilakukan untuk menjaga independensi penegakan hukum dalam penyelesaian kasus Century.
Selain aksi teatrikal, massa juga membawa alat musik rebana.

“Boediono harus bertanggungjawab atas bailout Century dan kami menolak intervensi penguasa terhadap KPK dalam membongkar kasus ini. SBY juga harus mengakui salah dalam pengambilan kebijakan kasus ini,” kata Lakso Anindito dalam orasinya.

Usai menggelar orasi, massa berniat memasuki kampus, namun dua pintu gerbang  sudah ditutup aparat. Akibatnya sempat terjadi beberapa kali aksi dorong-dorongan antara mahasiswa UGM dengan SKK UGM. Sedang di pintu gerbang satunya, anggota KAMMI putri juga sempat dorong-dorongan dengan anggota Polwan.

Setelah dilakukan negosiasi, sebanyak 6 perwakilan mahasiswa UGM akhirnya diperbolehkan menuju Balai Senat didampingi aparat keamanan. Meski sudah ada perwakilan mahasiswa, massa tetap ingin menuju Balai Senat. Namun aparat keamanan tetap menahan hingga acara usai pada puku 12.00 WIB.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya