SOLOPOS.COM - Seorang penguji mendengarkan laporan dari peserta uji terampil perorangan (UTP) di pos II, Jumat (22/2/2013). Sebanyak 203 prajurit Kodim 0726/Sukoharjo mengikuti UTP di Makodim setempat. (Trianto Hery Suryono/JIBI/SOLOPOS)


Seorang penguji mendengarkan laporan dari peserta uji terampil perorangan (UTP) di pos II, Jumat (22/2/2013). Sebanyak 203 prajurit Kodim 0726/Sukoharjo mengikuti UTP di Makodim setempat. (Trianto Hery Suryono/JIBI/SOLOPOS)

SUKOHARJO–Sebanyak 203 prajurit Kodim 0726/Sukoharjo mengikuti uji terampil perorangan (UTP). Uji pengetahuan, keterampilan dan penguasaan wilayah personel TNI itu digelar di Makodim setempat, Kamis hingga Jumat (21-22/2/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dandim 0726/Sukoharjo Letkol (Inf) Jimmy Ramoz Manalu, berharap setiap anggota termotivasi dan mau menambah pengetahuan seiring semakin kompleksnya persoalan yang memengaruhi dinamika sosial masyarakat.

“UTP bertujuan mengetahui sejauh mana penguasan materi pengetahuan dan ketrampilan para anggota mulai dari tamtama hingga bintara,” tuturnya, Jumat.

Dijelaskannya, anggota TNI yang mampu mengembangkan diri akan menjadi aparat teritorial yang profesional. Karena, ujar Dandim, materi UTP selain soal keprajuritan juga pengetahuan umum sehingga setiap anggota meski peka dan peduli terhadap gejolak masyarakat di tempat tugasnya.

“Mau mendengar getaran persoalan masyarakat menjadi kunci dalam memecahkan persoalan tersebut. Setiap anggota mesti mampu melakukan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat terhadap ancaman yang dapat membahayakan keutuhan bangsa dan negara.”

Materi yang diujikan selama UTP di antaranya, lima kemampuan yakni kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan perlawanan rakyat, kemampuan komunikasi sosial dan kemampuan menemukan dan melapor cepat.

“Setiap anggota diharapkan menajamkan fungsi intelijen teritorial, tata laksana bina teritorial, sistem perencanaan dan pengendalian binter.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya