SOLOPOS.COM - Yamaha E01, sepeda motor listrik yang diperkirakan dipasarkan di Indonesia tahun depan. (Foto: global.yamaha-motor.com)

Solopos.com, SOLO – Skuter bertenaga listrik dari pabrikan otomotif Jepang, Yamaha tampaknya bakal segera mengaspal di Indonesia. Kabar itu menyusul Yamaha Motor Global merilis skuter listrik E01 dan E02 untuk pasar Eropa dan Asia.

Wajah dua skuter listrik tersebut telah dipasang di laman resmi Yamaha Global. Sementara untuk kepastian pemasaran dua model itu juga telah disebutkan Bloomberg pada pertengahan Desember lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Mobil Listrik Mungil Ini Dibikin Honda untuk Pasien Anak

Wajah skuter listrik ini sebenarnya sudah terlihat dimulai dari penampakan konsepnya saat Tokyo Motor Show 2019 digelar. Apakah dua skuter listrik ini bakal menggantikan keberadaan Yamaha NMax dan Mio? Kita simak penjelasan produknya di bawah ini.

Yamaha E02

Telah disebutkan di laman Yamaha Global, E02 adalah generasi sepeda komuter listrik yang output dayanya sebanding dengan mesin skuter 50 cc. Skuter listrik ini dirancang untuk mobilitas pribadi perkotaan.

Yamaha E02
Wajah skuter listrik Yamaha E02. (Foto: global.yamaha-motor.com)

Fitur bodi yang kompak dan ringan dilengkapi dengan baterai yang mudah dilepas. Yamaha E02 dibekali desain eksterior yang menonjolkan baterai dan powertrain. Ringan dan gesit juga menghadirkan wajah sporty generasi baru, begitu disebutkan dalam info produk tersebut.

Baca Juga: 4 Jutaan Skuter Terdistribusi Sepanjang 2021

Sementara Yamaha E02 diperkirakan memiliki daya lebih rendah dan diperkirakan masuk ke kelas 50 cc. Meskipun berdaya rendah, skuter ini didesain untuk dua penumpang. Yamaha E02 memiliki dimensi 1,800mm x 690mm x 1,200 mm. Skuter ini menggunakan tipe mesin Air-cooled DC direct drive motor. Untuk tipe baterai, Yamaha E02 menggunakan Lithium-ion batteray (removable).

Yamaha E01

Yamaha E01 memiliki output daya sebanding dengan mesin skuter 125cc. skuter ini kompatibel dengan pengisian cepat dan menawarkan jangkauan lebih jauh.

Faktor kenyamanan juga terlihat menjadi konsentrasi Yamaha untuk calon pengemudi skuter ini. Hal itu bisa dilihat dari desain sumbur roda dan bodi serta rangka yang lebih gagah dibanding E02.

Yamaha E01 Front
Wajah skuter listrik Yamaha E01. (Foto: global.yamaha-motor.com)

Yamaha E01 dirancang untuk mobilitas antar area dalam kota. Produk ini disebut melingkupi teknologi skuter dan electric vehicle Yamaha. Sama halnya dengan E02, Yamaha E01 juga didesain dengan gaya sporty generasi baru.

Baca Juga: Unik, Konsep Tukar Baterai Gogoro Calon Kendaraan Gojek

Skuter listrik E01 diperkirakan bakal menjadi line up yang sepadan dengan skuter berbahan bakar dengan kapasitas mesin 125 cc. Output daya skuter tersebut adalah 11 kW atau 15 tenaga kuda. Daya tersebut bisa dikonversikan dengan kecepatan tertinggi 90 km/jam. Model E01 memiliki dimensi 1,90mmx810mmx1,190mm. Tipe mesin disebutkan Air-cooled DC brushless motor dan menggunakan tipe baterai Lithuim-ion batteray (fixed).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya