SOLOPOS.COM - Permukiman kumuh Mbadan, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. (Foto: JIBI/SOLOPOS/Antara)

Permukiman kumuh Mbadan, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. (Foto: JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA- Real Esate Indonesia (REI) DKI Jakarta mendukung pelaksanaan pembangunan Kampung deret yang menjadi salah satu program andalan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. REI DKI Jakarta dengan jumlah anggota sebanyak 300 orang siap membantu pemerintah untuk pembebasan pemukiman kumuh yang nantinya di bangun tower-tower untuk masyarakat di kampung kumuh.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Ketua REI DKI Jakarta, Rudy Margono mengatakan mereka sangat mendukung program pembangunan kampung kumuh. Hanya saja saat ini yang harus dilakukan pemerintah DKI adalah melakukan reformasi perizinan supaya ada satu atap.
“Kami datang untuk mengusulkan kepada Pak Wakil Gubernur supaya bisa memperhatikan perizinan yang selama ini terkesan sangat lambat dan terbelit-belit selama ini,” tegas Rudi usai bertemu Wakil Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota, Kamis (22/11).
Menurut Rudi selama ini birokrasi  perizinan selalu menjadi kendala dan terkesan terlalu lama. Akibat kendala tersebut kegiatan selalu menjadi terhambat jelas Rudi.
“Kami berharap agar reformasi perizinan satu atap ini harus lebih cepat sama seperti di Bekasi dan Tanggerang, kita harus lebih cepat dari daerah tersebut.”
Terkait kampung deret, Rudi menjabarkan bahwa 300 anggota REI DKI siap membantu Pemerintah DKI dalam pelaksanaannya.
“Kami (REI) sudah berkomitmen mendukung Pemerintah DKI dalam pembebasan pemukiman kumuh yang nantinya dibangun tower-tower untuk kampung kumuh,” jelasnya.
Soal pembangunan 2 tower di pulau gebang yang sudah berjalan 3 tahun, Rudi mengatakan sudah di di serah terimakan kepada pengguna rumah susun tersebut. Hal ini menjadi kewajiban REI sesuai dengan Undang-Undang Rusun No.20 tahun 2011 yang menjelaskan bahwa 20% dari total rusun komersial harus berpihak pada pembangunan rusun bagi masyarakat kecil.
“Kita sudah serah terima ke Pemda 200 unit di Pulo Gebang dan ada 150 yang sedang dikerjakan dan akan diserah terimakan nantinya,” jelasnya.
Sementara itu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T. Purnama menyampaikan Pemerintah ingin agar REI bisa bekerjasama untuk membangun kampung kumuh agar di tahun 2020 Jakarta bebas kampung kumuh.
“REI harus bekerjasama dengan Pemerintah untuk membangun kawasan kumuh karena REI juga adalah mitra Pemerintah. Saya juga bilang supaya REI harus benar-benar membangun kawasan kumuh, jika tidak maka tanah Pemerintah akan beli. Jadi REI harus bersinergi membangun apartemen sederhana terpadu di kawasan kumuh agar kawasan tersebut bisa berubah lebih baik karena itu juga harapan Pak Gubernur,” jelasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya