Begini Penampakan Sky Bridge yang Menghubungkan Tirtonadi & Balapan

Irawan Sapto Adi/JIBI/Solopos
Jumat, 2 Juni 2017 - 13:03 WIB

SOLOPOS.COM - Tampak luar Jembatan layang penghubung Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan. (Istimewa/Djoko Setyo)

Jembatan layan Tirtonadi-Balapan telah dapat digunakan.

Solopos.com, SOLO — Pembangunan jembatan layang (sky bridge) yang menghubungkan Terminal Tirtonadi dengan Stasiun Solo Balapan telah selesai. Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi, Eko Agus Susanto, menyebut sky bridge mulai digunakan mulai Kamis (1/6/2017) kemarin.

Jembatan layang ini tak bisa dilewati sembarang orang. Ada syarat bagi orang yang hendak menggunakan fasilitas tersebut. Kepada Solopos.com, Jumat (19/4/2017), Eko mengatakan sudah ada kesepakatan antara pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi dengan PT KAI terkait operasional sky bridge tersebut.

Lorong di jembatan layang penghubung Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan. (Istimewa/Djoko Setyo)

Dia menjelaskan hanya calon penumpang kereta api yang membawa tiket yang bisa menyeberang sky bridge mulai dari pintu masuk di Terminal hingga keluar di Stasiun Solo Balapan.

Sebaliknya, masyarakat yang baru saja memanfaatkan jasa kerata api juga bisa menyeberang dari Stasiun ke Terminal. Eko menjelaskan masyarakat yang tidak membawa tiket kereta api dari Terminal Tipe A Tirtonadi hanya boleh memanfaatkan sky bridge sisi Terminal.

Penampakan lorong di jembatan layang penghubung Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan. (Istimewa/Djoko Setyo)

Artinya, masyarakat tersebut tidak bisa menyeberangi sky bridge sampai Stasiun Solo Balapan atau tidak diperkenankan memanfaatkan sky bridge sisi Stasiun. Dia menyampaikan maksud diberlakukannya kebijakan pembatasan pengguna sky bridge tersebut demi menunjang kenyamanan dan keamanan Terminal serta Stasiun yang telah melakukan upaya sterilisasi.

Eko menyampaikan pengelola Terminal Tirtonadi sudah berkoordinasi dengan PT KAI terkait rencana penyediaan vending machine di area Terminal untuk melayani pembelian dan cetak tiket kereta api. Masyarakat atau para penumpang bus yang turun di Terminal nantinya tidak perlu pergi ke Stasiun terlebih dahulu jika ingin membeli tiket kereta api.

Salah satu bagian di bangunan jembatan layang penghubung Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan. (Istimewa/Djoko Setyo)

Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi telah menyiapkan tempat di timur loket e-ticketing sebagai lokasi penyediaan boks tiket kereta api. “Kami sudah mempersiapkan sky bridge sisi Terminal. Saya sudah ajukan ke Kementerian Perhubungan terkait dana pengelolaan sky bridge. Akan ada pengerahan petugas keamanan dan kebersihan di sky bridge,” kata dia.

Lorong jembatan layang penghubung Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan. (Istimewa/Djoko Setyo)

Jembatan layang penghubung Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan. (Istimewa/Djoko Setyo)

Tampak luar Jembatan layang penghubung Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan. (Istimewa/Djoko Setyo)

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif