DEMO 4 NOVEMBER : “Presiden Jokowi Temuilah Umat Islam”

Rini Y/JIBI/Solopos/Newswire
Jumat, 4 November 2016 - 19:50 WIB

SOLOPOS.COM - Ribuan orang berjalan menuju Istana Merdeka di Jl. M.H. Thamrin di Jakarta, Jumat (4/11/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Widodo S. Jusuf)

Demo 4 November di Jakarta belum berakhir.

Solopos.com, JAKARTA — Ratusan ribu peserta aksi demo 4 November di Jakarta, hingga Jumat (4/11/2016) pukul 19.30 WIB masih bertahan. Mereka meminta bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopulhukam) Wiranto menemui perwakilan para peserta demo namun ditolak.

Akhirnya, Wakil Presiden  Jusuf Kalla (JK) mewakili Presiden Jokowi bertemu dengan perwakilan peserta demo di Istana Negara. Hasil pertemuan, JK menyatakan pemerintah berkomitmen menyelesaikan kasus hukum dugaan penistaan agama yang diduga dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Pengamat Timur Tengah Azyumardi Azra dalam tayangan live di INews TV, Jumat petang mengungkapkan seharusnya tidak ada alasan Presiden Jokowi tidak menemui peserta demo 4 November. Salah satu perwakilan demonstran yakni pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI), Bahtiar Nasir.

“Seharusnya Presiden Jokowi menemui mereka. Umat Islam yang telah berkumpul. Tidak ada alasan tidak menemui. Toh perwakilan demonstran yang ingin bertemu itu juga jelas orang-orangnya bukan orang yang tidak jelas. Ini perwakilan diterima Wapres, ini siapa Presidennya?” tegasnya.

Senada diungkapkan, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon. Sebagaimana dikutip Okezone, meminta kepada Presiden Jokowi untuk datang dan mendengarkan aspirasi ribuan umat Islam tentang hukum yang melibatkan gubernur nonaktif DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Apakah saudara presiden masih belum mendengar umat Islam, saudara presiden yang terhormat dengarkanlah suara rakyat,” tegas Fadli di atas mobil komando di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (4/11/2016).

Kata dia, umat Islam tidak meminta yang muluk-muluk hanya meminta tegakkan hukum yang seadil-adilnya. “Tegakkan hukum yang seadil-adilnya tidak boleh ada yang dilindungi di negara kita. Saudara presiden yang terhormat, datanglah dan terima delegasi ini,” pungkasnya.

 

Kata Kunci : Demo 4 November

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif