HOBI DIECAST : Tomica, Pesaing Hot Wheels dari Jepang

Himawan Ulul/JIBI/Solopos.com - Solopos.com
Minggu, 22 Februari 2015 - 12:30 WIB

SOLOPOS.COM - Tomica Toyota Avanza (Kaskus)

Hobi diecast kian digandrungi pencinta mainan di Indonesia. Salah satu produk diecast dikeluarkan oleh Tomica asal Jepang.

Solopos.com, SOLO – Sejak diproduksi tahun 1970, mainan replika mobil (diecast) bernama Tomica semakin populer di mata penggemarnya. Gelombang kepopuleran itu juga merebak di kalangan pelaku hobi diecast di Indonesia.

Mengoleksi mainan merupakan hobi yang mungkin telah ada sejak usia kanak-kanak dan bisa terbawa hingga usia dewasa. Salah satu mainan yang dapat dikoleksi adalah replika mobil dalam ukuran kecil yang terbuat dari bahan metal . Sama seperti diecast Hot Wheels, Tomica juga mulai terkenal di Indonesia sekitar tahun 2002.

Munculnya sejumlah iklan diecast Hot Wheels di televisi setiap akhir pekan pada masa itu tampaknya juga membuat nama Tomica terdongkrak naik. Meski sekilas terlihat mirip, namun ada beberapa perbedaan mendasar antara produk Tomica dan Hot Wheels.

Dikutip Solopos.com dari laman resmi  Tomica Japan, Jumat (13/2/2015), diecast Tomica merupakan mainan berupa replika mobil berukuran kecil yang diciptakan oleh perusahaan mainan kenamaan Jepang, Takara Tomy.

Berbeda dari Hot Wheels, diecast produksi Tomica memiliki berbagai ukuran, mulai 1/155, 1/64, 1/32, 1/24 dan seterusnya dengan jenis kendaraan yang beragam. Bahkan untuk pasar diecast Indonesia, Tomica juga menghadirkan edisi mobil yang banyak berseliweran di Tanah Air, seperti Toyota Avanza, Honda Jazz,Toyota Alphard hingga bus Damri.

Kelebihan utama pada Tomica terdapat bagian yang dapat digerakkan (artikulasi) seperti pintu dan kap mesin yang dapat dibuka.

Pada edisi tertentu bahkan ada pula versi diecast yang dilengkapi suspensi pada roda. Pada sisi interior mobil, Tomica juga memberikan sentuhan sesempurna mungkin sehingga terlihat mendekati desain pada mobil aslinya meski hanya berbahan plastik dan logam. Hal-hal itu tak dapat ditemui pada diecast Hot Wheels yang hanya fokus pada sisi desain luar dan ketangguhan saja.

Karena kelebihan yang dimiliki, terkadang ada beberapa diecast Tomica yang dijual dengan harga lebih mahal meski dengan tipe yang sama seperti pada Hot Wheels.

Misalnya diecast harga terendah, Nissan 370Z, Hot Wheels membanderol Rp28.000 per unit sedangkan Tomica membanderol Rp40.000 per unit.

Komunitas Tomica

Setelah berkembang pesat, kini Tomica tak hanya diproduksi di Jepang. Untuk menekan harga di wilyah yang jauh dari negeri sakura, Tomica juga mendirikan basis produksi di Tiongkok, Hongkong, dan Vietnam. Meski dibuat di luar Jepang, Takara Tomy menjamin kualitas bahan, detail dan pengecatan sama persis dengan produksi di negara asalnya.

Tak kalah dengan Hot Wheels, Tomica juga memiliki penggemar yang tergabung dalam sebuah komunitas. Salah satu komunitas Tomica terbesar di Indonesia adalah Tomica Fans Club Indonesia (TFCI).

Di komunitas itu, setiap anggota dipersilahkan bertanya atau memberi informasi mengenai diecast Tomica sedetail mungkin. Sedangkan di dunia maya, komunitas Tomica juga dapat dijumpai di forum Kaskus Tomica Club dan beberapa grup di Facebook.

Tak jauh berbeda, penghobi diecast Tomica maupun Hot Wheels juga mengoleksi mobil replika itu untuk berbagai tujuan. Ada yang mengoleksi hanya untuk dipajang, ada pula yang mengoleksi untuk di adu. Tak sedikit pula yang mengoleksi mainan itu sebagai sarana investasi.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif