Teknologi
Selasa, 2 Desember 2014 - 14:15 WIB

SERBA LIMA : Cerita Unik di Balik 5 Tokoh yang Sering Jadi Bahan Meme Kocak

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Yayan Ruhian "Mad Gog" dalam meme "Biar Greget" (1cak.com)

Solopos.com, SOLO – Olahan gambar kreatif atau biasa dikenal dengan istilah meme terus berkembang seiring dengan bertumbuhnya pengguna media sosial. Berbagai meme kreatif dan menggelitik sering jadi selingan yang menyegarkan.

Sejumlah tokoh sudah familiar jadi sasaran meme bagi pengguna media sosial. Mulai dari olahragawan, selebritis hingga kepala negara sering dijadikan  meme.

Advertisement

Presiden Amerika Serikat Barrack Obama atau mantan Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono, barangkali jadi beberapa di antara yang sering jadi target. Di dunia olahraga, klub sepak bola Liverpool dan Manchester United juga belakangan sering jadi sasaran “tembak”.

Dihimpun Solopos.com, Senin (1/12/2014) dalam Serba Lima, berikut 5 tokoh yang kerap dijadikan meme kreatif di berbagai jejaring sosial.

Yayan Ruhian Alias Mad Dog “Biar Greget”

Meme Biar Greget (1cak.com)

Advertisement

Yayan Ruhian Alias Mad Dog “Biar Greget”

Yayan Ruhian atau dikenal sebagai Mad Dog sering muncul dengan jargon “Kurang Greget [Gereget]” miliknya. Jargon ini diambil dari cuplikan adegan karakter Mad Dog di film The Raid sesaat sebelum bertarung dengan Sersan Jaka yang diperankan Joe Taslim.

Dalam adegan itu Mad Dog yang sudah tinggal berhadap-hadapan dengan Sersan Jaka menodongkan pistolnya tepat di kepala. Sersan Jaka dibuat terkejut setelah Mad Dog menurunkan pistolnya dan mengajak bertarung dengan tangan kosong.

“Begini baru ada geregetnya,” demikian dialog Mad Dog saat menantang Sersan Jaka bertarung dengan tangan kosong.

Advertisement

Dialog ini rupanya memicu munculnya puluhan meme di dunia maya. Lihat saja sejumlah meme Mad Dog, barangkali Anda akan terpingkal melihatnya.

Yao Ming “B*tch Please”

Yao Ming “B*tch Please”

Meme Yao Ming (9gag.com)

Wajah ikonik Yao Ming saat tertawa terbahak-bahak di tengah konferensi pers Mei 2009 jadi sasaran empuk para kreator meme. Gambar animasi salah satu pebasket tertinggi dalam sejarah NBA itu lebih dikenal dengan nama “B*itch Please”.

Advertisement

Ekspresi itu biasanya digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang lebih “wah’”, mengekspresikan senyum menyindir, mengekspresikan ketidakmenyesalan atas sesuatu yang telah diperbuat.

Setelah banyak modifikasi terhadap ekspresi ini, sekarang, sudah muncul meme serupa yang berfungsi lain seperti enunjukkan rasa jijik/takut & penolakan dan juga menunjukkan rasa acuh.

Nicklas “Lord” Bendtner

Nicklas “Lord” Bendtner

“Lord Bendtner” mungkin lebih populer di kalangan penggemar sepak bola. Bagi netizen penggemar akun meme sepak bola, Bendtner adalah tokoh paling ikonik. Namanya sering muncul bahkan ketika popularitasnya turun tajam.

Advertisement

Julukan ini bermula dari perkataannya yang dianggap terlalu sombong. Dalam sebuah wawancara seperti dikutip Dailymail, 15 September 2010, Bendtner pernah berujar bahwa bisa saja dirinya menjadi striker terbaik di dunia.

“Jika Anda bertanya apakah saya salah satu striker terbaik dunia, saya akan menjawab ya, karena saya meyakininya,” katanya.

Pernyataan Bendtner ini lantas berbanding terbalik dengan kenyataanya di lapangan. Bahkan sang manajer sendiri mengakui Bendtner terlalu percaya diri.

Dalam satu meme diperlihatkan bagaimana Bendtner telah mencetak satu gol dan merasa lebih hebat dibanding Barack Obama. Pasalnya, Presiden Amerika itu belum pernah mencetak gol seperti dirinya.

Atau meme bertulis: “Lord Bendtner tidak sedang melindungi matanya dari matahari, tapi melindungi matahari dari sorot matanya.”

Syahrini

Syahrini

Advertisement

Jargon “Kurang Greget” Mad Dog mungkin cuma bisa disaingi dengan Syahrini. Bukan cuma sering muncul dengan foto kontroversial, Syahrini jadi salah satu tokoh paling banyak dijadikan meme.

Netizen barangkali masih ingat bagaimana Syahrini muncul dengan meme lucu “maju mundur cantik”, “I feel free” hingga “Tenda Jambore”. Belum lagi kemunculannya saat Hari Kartini. Syahrini jadi sindiran untuk perempuan Indonesia masa kini.

Syahrini dianggap sebagai salah satu aktris paling kontroversial. Pelantun Sesuatu ini lebih sering muncul di media massa lantaran aksinya yang dianggap sensasional. Seperti belakangan dia muncul dengan pose seolah-olah disembah oleh sejumlah karyawannya.

Troll Face

Troll Face

Troll Face jadi satu-satunya karakter fiktif di daftar ini. Troll Face adalah meme yang berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu dari meme ini adalah pemilik akun DeviantART bernama Whynne.

Rape Rodent alias Troll Face (twitter)

Sebenarnya, dalam post-nya, Whynne ingin menggambarkan karakter yang bernama “Rape Rodent” yang merupakan tiruan tokoh animasi Disney, Mickey Mouse.  Kini, Ekspresi tersebut sering digunakan untuk post-post dalam rage comics untuk mengekspresikan kejahilan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif